Irma Usulkan RS Khusus Ibu dan Anak Dibangun di Takalar

judul gambar

MANIFESTO.ID, MAKASSAR- Ketua Tim Penggerak PKK Takalar Irma Andriani mengusulkan kepada Pemprov Sulsel untuk membangun Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak di Takalar.

Usulan Irma disampaikan saat mengikuti Pertemuan dan Workshop Advokasi Pemanfaatan dalam Penguatan Peran PKK dengan Dinas Kesehatan Kab/Kota se Sulsel di Hotel Claro Makassar, Kamis 17 Oktober 2019.

Bacaan Lainnya

Irma mengusulkan di depan Kadis Kesehatan Sulsel dr Bachtiar Baso usai mendengar paparan jika Angka Kematian Ibu (AKI) di daerah selatan Sulsel masih cukup tinggi.

“Jadi angka kematian ibu di daerah selatan Sulsel cukup tinggi, makanya sangat penting kalau ada RS Khusus Ibu dan Anak yang dibangun di Takalar,” kata Irma kepada wartawan usai kegiatan.

RS ini nantinya kata Irma, akan menjadi tempat rujukan daerah bagian selatan Sulsel. Dengan keberadaan RS itu maka ibu yang akan melahirkan akan cepat tertolong.

“Jika ini terwujud maka penanganan kesehatan ibu dan anak di daerah selatan seperti Bantaeng, Jeneponto, dan Takalar akan cepat sehingga bisa menekan angka kematian ibu dan anak,” terang Irma.

Menurut Irma, AKI tinggi dapat disebabkan oleh perencanaan kehamilan yang kurang matang, sehingga perempuan melahirkan terlalu banyak, terlalu dekat, terlalu muda, atau terlalu tua.

“Jadi ada banyak faktor penyebab AKI masih tinggi, selain itu karena penanganan yang lamban,” ungkap istri Bupati Takalar itu.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait