Jokowi Akan Pimpin Upacara Pemakaman Ani Yudhoyono

judul gambar

MANIFESTO.com, Jakarta – Presiden Joko ‘Jokowi’ Widodo akan menjadi inspektur upacara pemakaman Ibu Negara periode 2004-2014, Kristiani Herrawati atau yang akrab disapa Ani Yudhoyono.

Hal itu dikonfirmasi Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin di Jakarta pada Sabtu (1/6) malam. Bertindak selaku komandan upacara pemakaman yakni Dansat 81 Kopassus Kol Inf Yudha Airlangga.

Bacaan Lainnya

Selain itu, Presiden juga menyampaikan rasa bela sungkawa atas wafatnya Ibu Ani.

“Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Selamat jalan Ibu Ani Yudhoyono, seorang perempuan teladan, Ibu Negara dan istri yang setia, dan seorang ibu yang baik,” demikian cuitan Jokowi dalam media sosial Twitter.

Jokowi juga mendoakan agar keluarga besar Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono bersabar atas wafatnya Ibu Ani.

“Semoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah SWT dan segenap keluarga besar almarhumah diberi-Nya kekuatan dan kesabaran,” kata Presiden.

Presiden Joko Widodo juga telah melayat ke rumah duka almarhumah Ani Yudhoyono di Puri Cikeas, Bogor, Sabtu(1/6/2019) malam.

Presiden Jokowi tiba di Puri Cikeas pukul 22.55 WIB. Saat itu, jenazah Ani masih dalam perjalanan dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, menuju rumah duka.

Sementara di rumah duka sudah berkumpul kerabat, para pejabat, petinggi parpol, hingga tokoh nasional. Mereka melantunkan ayat-ayat Al-Quran. Jenazah Ani Yudhoyono sempat disemayamkan di Kedutaan Besar RI di Singapura. Di sana, kerabat dan warga negara Indonesia diizinkan melayat.

Kemudian Pihak keluarga bersama jenazah almarhumah bertolak ke Tanah Air dari Pangkalan AU Singapura, pukul 21.00 waktu setempat menggunakan Pesawat Hercules C-130.

Pesawat mendarat di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, sekitar pukul 22.00 WIB. Sebelum dibawa ke rumah duka, dilakukan upacara militer penerimaan jenazah di landasan Lanud Halim.

Rencananya, jenazah Ani Yudhoyono akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, Jakarta, pada Minggu (2/6/2019).

Ibu Ani Yudhoyono tutup usia setelah berjuang melawan kanker darah di National University Hospital (NUH), Singapura, Sabtu pukul 11.50 waktu setempat. Ibu Ani dirawat di rumah sakit tersebut sejak 2 Februari 2019. (*)

*Sumber : Internet

judul gambarjudul gambar

Pos terkait