JTF 2022 Hadir di Makassar, Promosikan Wisata Urban Jakarta

Sekertaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulawesi Selatan, Devo Khadaffi, bersama Sekretaris Disparekraf DKI Jakarta, Helma Dahlia, berfoto bersama di sela opening ceremony Jakarta Travel Fair 2022 di Makassar. Foto/Istimewa
judul gambar

MANIFESTO, MAKASSAR — Jakarta Travel Fair (JTF) 2022 siap diselenggarakan di Trans Studio Mall Makassar pada 16-18 September. Seremoni pembukaan kegiatan tersebut pun telah dilaksanakan di Hotel Novotel Makassar, Rabu (14/9/2022).

Sekretaris Disparekraf DKI Jakarta, Helma Dahlia, menuturkan Makassar merupakan kota kedua pelaksanaan JTF 2022, setelah Kota Medan. Dalam event kali ini, pihaknya mengusung tema #Jakcation, Feel The Urban Vibe dengan membawa konsep kota kolaborasi.

Bacaan Lainnya

Bersama berbagai pihak terkait, Disparekraf menawarkan ragam paket wisata menarik bagi wisatawan domestik untuk menikmati wisata urban Jakarta.

“Jakarta bertransformasi menjadi kota kolaborasi, kota global yang menawarkan ragam wisata, utamanya destinasi wisata urban. Kami terus membangun ruang publik inklusif untuk menjadi destinasi wisata urban, Jakarta menjadi tujuan wisata dan bisnis,” ujar dia.

Ia menjelaskan setiap sudut kota di wilayahnya kini menawarkan pengalaman wisata urban. Terlebih, Jakarta terus mendorong lebih banyak hadirnya ruang publik. Tercatat sudah ada 296 taman kota, 29 hutan kota dan 154 jalur hijau yang siap menjadi ruang ketiga sebagai ruang interaksi dan sudah direvitalisasi.

Beberapa spot menarik wisata urban di Jakarta, antara lain yakni Jembatan Penyebarangan Orang (JPO) Phinisi Karet-Sudirman, Taman Menteng, Taman Ismail Marzuki, Tebet Eco Park, Hutan Kota GBK dan Old Shanghai Sedayu City. Selain itu, masih banyak lagi spor lain yang menyuguhkan wisata sejarah, bahari, belanja hingga kuliner.

Ketua Jakarta Tourism Forum, Salman Dianda Anwar, menambahkan begitu banyak destinasi wisata urban menarik di ibu kota negara. Mulai dari taman-taman yang menjadi ruang publik hingga kawasan kota tua. Jakarta didorongnya ke depan tidak sekadar jadi tujuan bisnis dan studi, tapi juga destinasi wisata.

“Apalagi, kita kan ada beberapa event besar di Jakarta, seperti Formula E. Saat (pandemi) Covid-19 saja, itu kan ada lebih dari sekitar 2.600 wisman yang berkunjung,” tuturnya.

Ia pun mendorong kolaborasi antara pemerintah Jakarta dan Sulawesi Selatan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Hal itu dapat dilakukan melalui kerja sama dan saling mendorong agar wisatawan daerahnya untuk saling berkunjung, dengan menawarkan dan mempromosikan beragam paket wisata.

Sekertaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulawesi Selatan, Devo Khadaffi, pada kesempatan itu mengapresiasi pelaksanaan JTF 2022 di Kota Daeng. Pihaknya juga berencana menyelenggarakan kegiatan serupa dengan tiga daerah tujuan dengan pangsa pasar menjanjikan yakni Jakarta, Surabaya dan Bandung.

Lewat JTF 2022, Devo menyebut pihaknya juga terinsipirasi untuk mendorong lebih banyak ruang publik, yang kelak dapat menjadi destinasi wisata urban. Di Makassar sendiri, hal itu sudah dilakukan. Contohnya, di kantor tempatnya bekerja disulap menjadi area publik tempat berkegiatan, sekaligus destinasi wisata gedung tua yang bersejarah.

“Sebenarnya, hampir semua kabupaten/kota di Sulawesi Selatan juga sudah menyadari itu, pentingnya ruang terbuka,” tuturnya.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait