Kopi Atau Teh? Ini yang Terbaik untuk Kesehatan Kita

judul gambar

Tetapi kira-kira yang mana menempati urutan pertama? Kopi atau teh? Paling tidak sebagai referensi untuk diprioritaskan jika anda penyuka keduanya.

Bacaan Lainnya

Kandungan dan manfaat kopi

“Kopi telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit Parkinson dan diabetes tipe 2,” kata Kimberly Gomer, MS, RD, LDN, direktur nutrisi di Pritikin Longevity Center & Spa di Miami, dikutip dari Detik.com, Rabu 10 April 2019.

Selain itu, dalam beberapa penelitian kopi juga terbukti menurunkan risiko kanker, termasuk kanker endometrium dan kanker kulit nonmelanoma. Hanya saja, jangan menambahkan kopi dengan gula dan krim karena bisa menghapus manfaat baik dari minuman tersebut.

Lalu, bagaimana dengan teh?

“Teh dan teh hijau, keduanya memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk pengurangan risiko kanker, penyakit kardiovaskular, osteoporosis dan penyakit gusi,” tambah Kimberly.

Teh mengandung antioksidan dan polifenol, senyawa yang juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi penurunan kognitif, risiko stroke dan membantu penurunan berat badan.

Terlebih lagi, penelitian juga menunjukkan bahwa peminum teh dapat mengurangi peradangan berkat senyawa epigallocatechin gallate (EGCG). EGCG dapat menurunkan risiko pembentukan plak di otak yang berhubungan dengan penyakit Alzheimer.

Jadi, yang mana yang lebih baik?

“Kopi dan teh sama-sama memiliki manfaat, tetapi teh mengandung manfaat antibakteri, anti-inflamasi dan anti virus karena kandungan polifenol dan antioksidannya. Selain itu, berbagai jenis teh menawarkan manfaat uniknya sendiri,”
kata Will Cole, IFMCP, DC, pakar kedokteran fungsional.

Untuk manfaat kesehatan, keduanya memiliki manfaat yang hampir sama. Tapi jika sensitif dengan kafein, kamu mungkin harus menghindari keduanya. Kopi memiliki sekitar 92 miligram kafein dan teh 50 miligram kafein.

Kalau mencari minuman yang bisa mengoptimalkan semua organ tubuh di pagi hari, kopi bisa menjadi pilihanmu. Jika ingin mengusir rasa penat, maka konsumsi teh.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait