Kunjungi PT Pelni, Karantina Pertanian Makassar Perkuat Pengawasan untuk Kapal Penumpang

judul gambar

MANIFESTO, MAKASSAR – Karantina Pertanian Makassar terus berupaya mengawasi lalu lintas media pembawa untuk mencegah masuk dan menyebarnya OPTK dan HPHK. Pengawasan ini tidak hanya dilakukan untuk lalu lintas melalui jalur udara tetapi juga jalur laut khususnya kapal penumpang.

Kepala Karantina Pertanian Makassar, Lutfie Natsir, melakukan pertemuan dengan Kepala Cabang PT Pelni Wilayah Makassar, Muhammad Jabir pada Senin (8/5/2023). Pertemuan ini membahas mengenai potensi lalu lintas media pembawa yang dilalulintaskan tanpa dokumen.

Bacaan Lainnya

“Kedatangan kami disini untuk berkoordinasi dengan PT Pelni sesuai dengan arahan pak Mentan untuk peningkatan akselerasi ekspor dan memperkuat pengawasan lalu lintas media pembawa. Kami juga ingin memperkenalkan mobile X-Ray kami, yang mana kami gunakan untuk mendeteksi barang bawaan penumpang apakah ada media pembawa yang tidak dilaporkan,” kata Lutfie Natsir saat membuka pertemuan.

Muhammad Jabir, Kacab PT Pelni Wilayah Makassar mengatakan bahwa dirinya beserta jajaran sangat mendukung kerjasama dengan Karantina Pertanian Makassar. Toh, pada hakikatnya PT Pelni selama ini pun telah mengarahkan konsumen untuk melengkapi dokumen karantina.

“Nantinya kami akan bekerjasama kedepannya untuk hasil bumi dari Sulawesi Selatan, dari PT Pelni menyiapkan alat transportasinya agar pelayanan kepada masyarakat dapat lebih maksimal. PT Pelni dan Karantina Pertanian akan segera menyusun perjanjian kerjasama terkait pengawasan lalu lintas media pembawa dan pelayanan kepada pengguna jasa terkait lalu lintas media pembawa baik itu hewan ataupun tumbuhan,” tutur Jabir.

Pada pertemuan kali ini juga dibahas terkait dukungan PT Pelni dalam hal pemanfaatan alat angkut sebagai moda transportasi komoditas pertanian serta dukungan pengawasan dan pemeriksaan komoditas pertanian menggunakan Mobile X-Ray dan Mobil Layanan Laboratorium. Serta penyediaan tempat alur pemeriksaan barang penumpang guna mendukung kelancaran administratif data derah asal dan tujuan.

Kepala Karantina Pertanian Makassar juga berkesempatan memperkenalkan Mobile X-Ray milik Karantina Pertanian Makassar. Rencananya Mobile X-Ray ini akan mendukung pengawasan manifest barang milik penumpang. Kepala Karantina Pertanian Makasar menjelaskan kepada Kepala Cabang PT Pelni Makassar terkait cara pengoprasian mobile X-Ray yang akan memudahkan tidakan pengawasan di pelabuhan.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait