Lagi Musim Hujan, Ini Tips Agar Tubuh Tak Tersambar Petir

judul gambar

MANIFESTO.com – Kilatan petir disertai suara guntur yang menggelegar, sering sekali menjadi penanda akan turun hujan. Kondisi ini tentu membuat banyak orang merasa khawatir akan keselamatannya. Karena petir bisa saja menyambar tubuh dan bisa menyebabkan luka bakar hingga kematian.

Lalu, apa yang harus kita lakukan supaya kita terhindar dari sambaran petir? berikut beberapa tipsnya.

Bacaan Lainnya

1. Masuk ke Dalam Bangunan
Saat kita berada di luar ruangan dan ada petir, kita harus cepat-cepat mencari tempat berlindung. Tempat berlindung ini sebaiknya merupakan sebuah bangunan, baik itu gedung, toko, maupun rumah.

Hindari berlindung di bawah pohon, sebab petir seringkali menyambar pohon. Justru penyebab kedua terbanyak orang tersambar petir karena berada di bawah pohon.

2. Jangan Berjalan-jalan Tanpa Alas Kaki
Kalau kamu berada di dalam ruangan, sebenarnya tidak masalah berjalan tanpa alas kaki saat ada petir. Namun, sebaiknya kamu menggunakan alas kaki ketika ke luar ruangan. Itu karena petir bisa dengan cepat menyambar tanah di bawah kita. Berjalan di tanah tanpa alas kaki bisa membuat kita ikut tersambar petir dari dalam tanah.

3. Berhenti Berenang
Jika langit sudah mendung atau bahkan sudah ada petir, sebaiknya kamu bergegas naik dari kolom renang dan berhenti berenang. Karena sifat air dapat menjadi penghantar energi listrik, sehingga petir bisa menyambar kita yang berada di air.

4. Hindari Menggunakan Telepon dan Ponsel

Pesawat telepon yang masih menggunakan kabel sebaiknya harus segera dicabut saat ada petir. Itu karena di dalam saluran telepon, ada pipa logam yang bisa menghantarkan listrik.

Akibatnya, kalau kita menggunakan telepon saat ada petir, kita bisa tersambar petir.Maka itu, sebaiknya cabut kabel telepon atau setidaknya hindari untuk menggunakan telepon saat ada petir.

Lalu, kita juga sebaiknya tidak menggunakan ponsel saat ada petir. Memang ponsel tidak menggunakan kabel seperti pesawat telepon. Namun, di dalam ponsel, ada perangkat-perangkat yang terbuat dari logam. Benda-benda yang terbuat dari logam bisa menghantarkan listrik sehingga lebih mudah tersambar petir.

judul gambarjudul gambar

Pos terkait