Laksanakan Rakorda, Papdesi Sulsel Perkuat Ketahanan dan Kesejahteraan Desa

judul gambar

MANIFESTO, MAKASSAR – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar rapat koordinasi daerah (Rakorda) di Kota Makassar.

Dihadiri anggota dari seluruh kabupaten/kota se-Sulsel, kegiatan ini dilakukan untuk konsolidasi konsolidasi internal organisasi dalam menjalankan program-program demi kesejahteraan masyarakat desa. Terutama dalam menghadapi gejolak ekonomi dunia yang juga berimbas pada ketahanan pangan di tingkat desa.

Bacaan Lainnya

Perwakilan pengurus pusat, Sekjen DPP Papdesi Senthot Rudi Prastiono, menjelaskan Rakorda dilaksanakan sebagai bentuk dari penguatan organisasi untuk menerjemahkan program-program hingga ke tingkat pelaksanaan. Termasuk dalam menggali potensi-potensi desa untuk menjaga ketersediaan pangan rakyat dan mencegah inflasi.

“Seperti arahan Presiden Jokowi, ketahanan pangan harus dibangun sejak tingkat desa dengan menggali berbagai potensi produksi pangan dan perbaikan distribusi. Kita yakin  di Sulsel cukup membanggakan, Papdesi akan mampu mempelopori upaya-upaya penting ini. Karena kita lihat, di awal pembentukan Papdesi pun respons teman-teman kepala desa yang dulu lintas organisasi sangat bagus. Sudah bergabung bersama kami para kepala desa yang masih aktif atau menjabat,” jelasnya, di lokasi Rakorda, Kamis (9/2/2023).

Hal senada disampaikan Ketua DPD Papdesi Sulsel, Muhammad Darwis. Dipaparkannya, konsolidasi organisasi kali ini dihadiri oleh kepala desa, DPC, dan ada juga pemerhati desa.

“Kami juga melakukan konsolidasi bagaimana agar program-program kerja Papdesi bisa dijalankan sehingga ketahanan dan kesejahteraan masyarakat tetap terjaga, dan ini tentu arahnya juga untuk menjaga kondisi yang tetap aman memasuki tahun politik 2024. Kita ingin Indonesia tetap aman, damai, dan sejahtera,” tuturnya.

Saat ditanya kemungkinan Papdesi mendukung figur Ganjar Pranowo dalam kontestasi pemilihan presiden 2024, Darwis mengaku aspirasi itu memang ada di kalangan anggota. Ganjar Pranowo merupakan Ketua Dewan Pembina Papdesi.

“Terus terang aspirasi itu memang ada dan berkembang di internal organisasi. Di luar beliau sudah sangat didukung, apalagi di internal, karena beliau adalah Ketua Dewan Pembina kami. Kita lihat selanjutnya,” ungkapnya.

Dalam rangkaian Rakorda, DPD Papdesi Sulsel juga dijamu oleh Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto melalui acara gala dinner di kediaman pribadi.

Mohammad Ramdhan mengaku bangga bisa bertemu langsung dengan para anggota Papdesi yang dinilai selalu memperjuangkan bangsa Indonesia.

“Tentunya lebih bangga lagi karena passion kami sama dalam memperjuangkan banyak hal. Mulai dari perjuangan politik, memperjuangkan Makassar, Sulawesi Selatan, hingga Indonesia lebih maju,” kata Mohammad Ramdhan.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait