Majukan Pariwisata, Sandiaga Uno Undang 7 Bupati dan Walikota di Sulsel

  • Whatsapp
Bupati Takalar Syamsari Kitta (kanan) dan Walikota Parepare Taufan Pawe (tengah) saat persentase di depan Menteri Pariwisata Sandiaga Uno, Rabu 14 April 2021. (Ist)
Bupati Takalar Syamsari Kitta (kanan) dan Walikota Parepare Taufan Pawe (tengah) saat persentase di depan Menteri Pariwisata Sandiaga Uno, Rabu 14 April 2021. (Ist)

MANIFESTO, JAKARTA– Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengundang sejumlah kepala daerah di Sulsel. Di antaranya Wali Kota Parepare Taufan Pawe, Bupati Maros Chaidir Syam, dan Wali Kota Makassar Danny Pomanto.

Selain itu ada Bupati Selayar Basli Ali, Bupati Jeneponto Iksan Iskandar, Bupati Enrekang Muslimin Bando, dan Bupati Takalar Syamsari Kitta. Pertemuan dengan agenda KolaborAksi tersebut berlangsung di Kantor Menparekraf, Gedung Sapta Pesona, Jalan Medan Merdeka Barat, Rabu, 14 April 2021.

Bacaan Lainnya

Rapat kolaborasi bersama Menteri Pariwisata Sandiaga Uno ini untuk membahas pengembangan wisata di suatu daerah yang nantinya bakal menjadi program kerja sama pemerintah daerah dan Menparekraf untuk peningkatan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

Dalam persentase, kepala daerah diberikan waktu lima menit untuk membahas potensi wisatanya masing-masing. Bupati Takalar H. Syamsari, S.Pt, M.M memaparkan potensi pariwisata lokal yang fokus pada pengembangan pariwisata berbasis masyarakat desa.

Syamsari memaparkan hal tersebut dihadapan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, di Kementrian Pariwisata, Rabu (14/4/2021) malam.

Dengan panjang pantai 73 kilometer dan memiliki pelabuhan pendaratan ikan yang menghasilkan produk unggulan kuliner ikan segar, Syamsari ingin masyarakat desa terlibat di dalam pengembangan wisatanya. Hal ini seiring dengan salah program unggulan Kemenparekraf yang akan mengembangkan desa wisata. 

“Wisata Kuliner ikan segar kami dan wisata pantai kami mendapat limpahan berkah karena berbatasan langsung dengan Kota Makassar, Gowa, Jeneponto dan Maros. Olehnya itu, kami membutuhkan peran-peran masyarakat didesa dalam pengelolaan dan pengembangannya sehingga tercipta kolaborasi antara masyarakat dan pemerintah,” kata Syamsari.

Sementara Walikota Parepare Taufan Pawe mengungkapkan sejumlah prospek wisatanya. Di antaranya, Monumen Cinta Habibie Ainun yang menjadi salah satu destinasi wisata paling diminati di Parepare.

Taufan juga di depan Sandiaga Uno menjelaskan teori jejak tapak kaki yang selama ini diterapkan selama memimpin Parepare. Dengan potensi alam di luar pertanian, Taufan menegaskan, Parepare harus membangun eksistensi di sector pariwisata dan wirausaha.

“Kemajuan Parepare ditentukan sejauh banyak orang- orang yang berkunjung ke kota ini,” terang Taufan yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel itu.  

Editor: Azhar

Pos terkait