Manchester City Terancam Diskors Satu Musim dari Liga Champions

judul gambar

MANIFESTO.com, Nyon –  Pesta juara Manchester Citysedikit ternoda dengan kemungkinan mereka dijatuhi sanksi oleh Union of European Football Associations (UEFA) atas dugaan pelanggaran finansial. Jika terbukti bersalah, juara Liga Inggris 2018-2019 itu berpotensi dilarang tampil pada ajang Liga Champions.

Tim Investigasi Keuangan UEFA sedang memeriksa rekening Manchester City atas dugaan penyalahgunaan pendanaan dari hasil temuan media Jerman, Der Spiegel, pada 2018. The Citizens diduga mengakali aturan Financial Fair Play (FFP) terkait pendanaan dari sejumlah sponsor yang berbasis di Uni Emirat Arab (UEA).

Bacaan Lainnya

Dalam temuan tersebut, Man City disebut hanya menerima uang sebesar 8 juta Poundsterling (setara Rp145 miliar) dari sponsor utama, Etihad. Padahal saat itu dalam pengakuan mereka, City menjalin kesepakatan dengan perusahaan penerbangan tersebut senilai 67,5 juta poundsterling (setara Rp1,2 triliun) pada 2015.

Sisa dana tersebut diduga didapatkan dari sang pemilik, Sheikh Mansour, lewat konsorsium Abu Dhabi United Group. Perolehan dana tersebut merupakan bentuk pelanggaran FFP. Penyelidikan yang dipimpin Mantan Perdana Menteri (PM) Belgia, Yves Leterme, disebut hampir rampung.

Melansir dari Independent, Selasa (14/5/2019), pengumuman hasil penyelidikan tersebut akan dilakukan pada pekan ini atau selambatnya pekan depan. Jika terbukti bersalah, Man City akan dilarang mengikuti Liga Champions minimal satu musim.

Pihak Man City, sejak temuan diumumkan pada 2018, membantah tuduhan penyalahgunaan dana tersebut. Jika memang disanksi, maka hukuman belum tentu akan langsung berlaku karena Manchester City memiliki kesempatan untuk mengajukan banding. (*)

*Sumber : Internet

judul gambarjudul gambar

Pos terkait