Mantan Kepala Beacukai Resmi Ditahan, KPK Telusuri Keterlibatan Istri dan Anak

judul gambar

MANIFESTO, JAKARTA– Eks Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono resmi ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK, penyidik juga kini tengah menyelidiki keterlibatan istri dan anak yang bersangkutan.

Sebelumnya, KPK telah selesai memeriksa Andhi Pramono sebagai tersangka kasus dugaan gratifikasi dan pencucian uang.

Bacaan Lainnya

Setelah pemeriksaan, Andhi langsung ditahan. Andhi Pramono meninggalkan ruang pemeriksaan pada pukul 16.38 WIB.

Saat meninggalkan ruang pemeriksaan, mantan Kepala Bea Cukai Makassar itu nampak mengenakan rompi tahanan berwarna oranye dengan kedua tangan diborgol.

Andhi Pramono dijerat sebagai tersangka dalam dua kasus. Dia ditetapkan sebagai tersangka di kasus gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Atas perbuatannya, Andhi Pramono dijerat Pasal 12B Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dan Pasal 2 ayat 1 dan Pasal 3 Undang-Undang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.

Usai melakukan penahanan, tim penyidik KPK juga mengusut dugaan keterlibatan dari keluarga Andhi terkait korupsi yang dilakukan oleh tersangka.

“Hal itu yang akan didalami lebih lanjut oleh penyidik sejauh mana peran dari istri maupun anak dalam melakukan pencucian uang itu,” kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata kepada wartawan, Sabtu 8 Juli 2023.

Alexander mengatakan, acap kali tindak pidana pencucian uang yang dilakukan pejabat melibatkan para anggota keluarga. Nama dari keluarga pelaku itu digunakan untuk menyamarkan aset yang dibeli dari hasil korupsi.

Oleh karenanya, kata Alex, tim penyidik KPK saat ini tengah mendalami apakah keterlibatan keluarga Andhi Pramono ini bersifat pasif atau aktif dalam tindak pidana pencucian uang yang dilakukan mantan Kepala Bea Cukai Makassar tersebut.

“Apakah secara aktif dia memang terlibat di dalam proses perencanaan, penggunaan rekening-rekening nominee, nanti akan didalami,” tuturnya.

KPK pun menegaskan tiap anggota keluarga Andhi Pramono yang terbukti membantu melakukan pencucian uang juga akan dijerat sebagai tersangka.

“Tidak tertutup kemungkinan bahwa keluarga kalau dari awal dia sudah mengetahui atau patut diduga mengetahui dan secara aktif ikut dalam skenario untuk melakukan pencucian uang itu juga bisa kenakan,” ujarnya.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait