Monumen Sang Proklamator Indonesia akan Dibangun di Aljazair

judul gambar

MANIFESTO.com, Aljazair – Pemerintah Aljazair berencana akan membangun patung proklamator sekaligus Presisden pertama Indonesia Soekarno, di Ben Aknoun, kawasan bisnis di Aljir. Aljazair memang menyimpan rasa hormat kepada Bung Karno. Sebab, kemerdekaan Aljazair terinspirasi dari semangat Bung Karno. Hal ini berawal dari undangan Soekarno kepada Aljazair untuk mengikuti KTT Asia-Afrika di Bandung pada tahun 1955.

Kerennya lagi, patung tersebut dirancang oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Dalam akun instagram pria yang akrab disapa Kang Emil sempat memposting desain monumen Bung Karno tersebut. Monumen itu punya lima pilar berbentuk bulat dengan patung Bung Karno setengah badan itu berada di tengah-tengah lingkaran bulan sabit berwarna hijau sebagai lambang bendera negara Aljazair.

Bacaan Lainnya

“Filosofinya kalau dari atas ada bulan sabit sebagai lambang Aljazair. Patung Bung Karno di dikelilingi lima pilar artinya lima sila Pancasila,” kata Emil saat dikonfirmasi Rabu (13/3).

Emil sendiri menyerahkan dua rancangan gambar (desain awal) monumen Soekarno kepada Gubernur Aljir Abdelkader Zoukh saat melakukan kunjungan kerja ke Aljazair awal pekan ini. “Saya kesini juga untuk menjajaki kerjasama antara Jawa Barat dan Aljazair khususnya di bidang smart city,” ujarnya.

Gubernur Abdelkader Zoukh menyambut baik rencana pembangunan Monumen Soekarno itu. Bahkan, dengan sangat antusias merekomendaskan dan memerintahkan jajarannya untuk membantu mempercepat pembangunannya.

judul gambarjudul gambar

Pos terkait