Nadiem Siapkan Kurikulum Khusus di Masa Pandemi

  • Whatsapp
Mendikbud Nadiem Makarim (Int)
Mendikbud Nadiem Makarim (Int)

MENIFESTO, JAKARTA — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyiapkan kurikulum khusus untuk diterapkan selama masa pandemi Covid-19 dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ). Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan, kurikulum tersebut akan menekankan tiga prioritas fondasional yaitu literasi, numerasi, dan pendidikan karakter.

“Jadi ada satu modul yang bisa dilakukan, yang benar-benar berdampak pada tiga prioritas itu,” kata Nadiem, dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR RI yang disiarkan melalui saluran Youtube, Kamis (2/7).

Ia mengatakan, kurikulum darurat ini sangat penting untuk diterapkan. Sebab, Nadiem mengatakan, jika semua kompetensi tetap dimasukkan ke dalam kurikulum maka akan sulit melakukan pembelajaran yang efektif.

Selain itu, Nadiem menjelaskan, meskipun nanti kurikulum akan disederhanakan, guru tetap tidak diwajibkan untuk memenuhi ketuntasan kompetensi. “Tidak wajib mengejar ketuntasan Kompetensi Inti (KI) maupun Kompetensi Dasar (KD),” kata Nadiem.

Kemendikbud melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) merumuskan reformasi dan perubahan terhadap kurikulum selama PJJ. Nadiem menjelaskan, reformasi kurikulum ini diharapkan dapat memberikan guru-guru ketenangan dalam mengajar.

“Ini juga untuk memberikan arahan yang jelas menangani apa yang bisa dilakukan guru selama PJJ,” kata Nadiem menambahkan.

Sebelumnya, Komisioner Bidang Pendidikan KPAI, Retno Listyarti mendorong Kemendikbud untuk membuat kurikulum darurat selama masa pandemi. Retno melihat, penerapan PJJ di lapangan mengalami perbedaan persepsi. Ia menilai, sekolah masih membutuhkan panduan-panduan khusus mengenai kurikulum yang tepat untuk PJJ.

Sumber: Republika