Nafsu Makan Anda Menurun? Atasi dengan Trik Ini

judul gambar

MANIFESTO.com, JAKARTA — Kehilangan nafsu makan merupakan masalah yang cukup umum ditemukan di berbagai kelompok usia. Umumnya, kehilangan nafsu makan hanya terjadi sementara waktu dan bisa dikembalikan seperti sedia kala.

Nafsu makan yang rendah atau menurun bisa disebabkan oleh beragam hal. Beberapa di antaranya adalah kecemasan, stres dan depresi. Terkadang, kehilangan nafsu makan juga bisa disebabkan oleh masalah kesehatan seperti demensia, masalah ginjal serta infeksi bakteri.

Bacaan Lainnya

Kehilangan nafsu makan dapat menyebabkan terjadinya penurunan berat badan yang tak diinginkan. Masalah penuruann nafsu makan bisa diatasi dengan penggunaan obat-obatan.

Selain itu, beberapa trik sederhana juga bisa dilakukan untuk mengembalikan nafsu makan yang hilang. Berikut ini adalah trik-trik tersebut seperti dilansir Times of India.

Lada Hitam

Lada hitam kerap dimanfaatkan untuk memperbaiki pencernaan dan meningkatkan nafsu makan. Tak hanya itu, lada hitam juga merupakan rempah yang baik untuk meringankan masalah pada lambung maupun gas di usus.

Lada hitam juga dapat menstimulasi indera pengecap lidah. Akibatnya, sekresi asam di lambung yang memperlancar pencernaan meningkat.

Cara penggunaan: campur satu sendok teh bubuk jaggery dengan setengah sendok teh lada hitam tumbuk. Konsumsi campuran ini setiap hari selama beberapa hari.

Jahe

Jahe merupakan rempah yang tak hanya populer digunakan untuk berbagai masakan tetapi juga untuk tuhuan pengobatan. Jahe dapat meringankan masalah pencernaan dan menstimulasi nafsu makan. Jahe juga dapat meringankan nyeri perut.

Cara penggunaan: campurkan setengah sendok teh sari jahe dengan sedikit garam. Konsumsi campuran ini sekitar satu jam sebelum makan secara teratur selama 10 hari. Sari jahe juga bisa dibuat menjadi teh jahe.

Gooseberry India

Gooseberry India atau Amla dapat meningkatkan nafsu makan yang menurun akibat masalah pencernaan. Gooseberry India dapat memperbaiki fungsi saluran pencernaan dan mendetoksifikasi hati. Gooseberry India juga diketahui kaya akan vitamin dan dapat membantu meningkatkan sistem imun.

Cara penggunaan: campurkan dua sendok teh sari goosberry India, dua sendok teh sari lemon dan dua sendok teh madu ke dalam satu gelas air putih. Minum campuran ini setiap pagi saat perut dalam keadaan kosong.

Kapulaga

Kapulaga dapat membantu mendorong sekresi enzim pencernaan yang kemudian dapat memperbaiki nafsu makan.

Cara penggunaan: cukup kunyah dua atau tiga kapulaga sebelum makan. Kapulaga dalam bentuk bubuk juga bisa ditambahkan ke dalam teh.

Biji Carom

Biji carom atau ajwain dapat meringankan beragam masalah terkait perut atau pencernaan. Biji carom dapat membantu sekresi enzim dan asam lain yang dibutuhkan untuk mencerna makanan.

Cara penggunaan: tambahkan dua atau tiga sendok teh ke dalam sari lemon. Diamkan campuran ini di tempat yang kering sampai campuran benar-benar mengering. Setelahnya, tambahkan garam ke dalam campuran tersebut. Konsumsi setiap hari dengan cara menambahkan campuran ini ke dalam segelas air hangat. Cara lainnya adalah cukup mengunyah setengah sendok teh biji carom sebelum makan.

Sumber: Republika
Editor: Azhar

 

judul gambarjudul gambar

Pos terkait