Paus Fransiskus Putuskan Buka Dokumen Rahasia yang Paling Dicari Yahudi

judul gambar

MANIFESTO.com, VATIKAN – Pemimpin umat Katolik sedunia Paus Fransiskus pada Senin, (4/3) secara mengejutkan mengumumkan bahwa dirinya akan membuka sebuah dokumen rahasia. Dokumen milik Vatikan ini merupakan yang paling dicari oleh bangsa Yahudi selama beberapa dekade.

Arsip rahasia itu merupakan dokumen yang dibuat semasa Pius XII menjabat sebagai pemimpin Gereja Katolik. Selama ini bangsa Yahudi menyebut Pius XII yang menjabat sebagai Paus dari tahun 1939 hingga 1958 membutakan matanya terhadap pembantaian bangsa Yahudi yang dikenang sebagai tragedi Holocaust.

Bacaan Lainnya

Pius XII dituding tidak berbicara tegas mengenai tragedi Holocaust yang terjadi pada saat Perang Dunia II pecah tahun 1939 hingga 1945. Tragedi Holocaust merupakan peristiwa pembantaian Nazi terhadap sekitar 6 juta orang Yahudi. Adolf Hitler memimpin langsung pembantaian Yahudi di semua wilayah yang dikuasai Nazi.

Adapun Vatikan menjelaskan, Pius XII bekerja secara diam-diam di balik layar untuk menyelamatkan bangsa Yahudi dari pembantaian. Dia juga berusaha agar situasi tidak semakin memburuk.

Paus Fransiskus mengatakan arsip rahasia yang berbicara tentang tragedi Yahudi akan dibuka secara resmi pada 2 Maret 2020.

judul gambarjudul gambar

Pos terkait