Pelayanan Mobile Disdukcapil Parepare Terbitkan 131 Dokumen Warga Watang Bacukiki

Layanan mobile Disdukcapil Parepare. (ist)
judul gambar

MANIFESTO, PAREPARE – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare yang melakukan pelayanan mobile di Kelurahan Watang Bacukiki, Kecamatan Bacukiki, Sabtu, 27 Maret 2021, menerbitkan 131 dokumen administrasi kependudukan warga setempat. Itu selama kegiatan pelayanan yang berlangsung sehari penuh.

‘’Alhamdulillah, warga memanfaatkan betul kesempatan ini dengan datang langsung mengurus penerbitan dokumen kependudukannya di Kantor Kelurahan,’’ ungkap Kepala Dinas Dukcapil Parepare, Adi Hidayah Saputra.

Bacaan Lainnya

Kepala Seksi Kerja Sama dan Inovasi Pelayanan Syahrizal, sekaligus koordinator kegiatan pelayanan mobile minggu ini mengungkapkan, sebagian besar penduduk di Watang Bacukiki memanfaatkan pelayanan mobile untuk mengurus penerbitan Kartu Keluarga (KK). Baik itu penerbitan karena penambahan anggota keluarga baru, pengurangan anggota keluarga maupun karena perubahan elemen data.

‘’Dari 131 dokumen yang kami terbitkan hari ini, dokumen KK yang jumlahnya paling banyak, ada 66 dokumen. Menyusul Kartu Identitas Anak (KIA) 32 keping, KTP-el 25 keping, Akta Kelahiran 6 lembar serta Akta Kematian 2 lembar,’’ terang Syahrizal.

Pelayanan mobile di Kelurahan Watang Bacukiki merupakan kegiatan yang dilakukan Dinas Dukcapil untuk memastikan semua penduduk Parepare sudah memiliki dokumen administrasi kependudukan.

‘’Kami ingin semua penduduk Kota Parepare terpenuhi haknya untuk memiliki dokumen kependudukan. Kegiatan pelayanan ini juga diharapkan bisa terus meningkatkan kepemilikan dokumen administrasi kependudukan di Parepare, khususnya KIA,’’ harap Adi Hidayah.

Untuk memaksimalkan pelayanan mobile ini, Dinas Dukcapil menurunkan delapan petugas layanan di Kelurahan Watang Bacukiki. Mereka terdiri dari petugas layanan pencetakan KK, perekaman KTP-el dan KIA, serta petugas pencetakan dokumen akta pencatatan sipil.

Saat ini, tingkat kepemilikan dokumen kependudukan di Parepare termasuk yang tertinggi di Sulawesi Selatan. Tingginya kepemilikan dokumen ini salah satunya ditopang dengan kegiatan pelayanan mobile yang rutin dilakukan Dinas Dukcapil.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait