Pemeriksaan Berlapis, Takalar Fungsikan Tiga Posko Covid 19 di Perbatasan

judul gambar

MANIFESTO, TAKALAR- Segala cara dilakukan Pemerintah Kabupaten Takalar dan jajaran Forkopimda dalam mengantisipasi dan menangani penyebaran virus corona atau Covid 19.

Salah satu yang ditingkatkan, yakni memperketat akses masuk utama di tiga perbatasan di Takalar. Masing-masing, di perbatasan Takalar- Gowa dtempatkan di Palleko, Polongbangkeng Utara, posko perbatasan Takalar- Jeneponto ditempatkan di Tepo, Mangarabombang, dan posko perbatasan Takalar- Makassar dipusatkan di Aeng Toa, Galesong Utara.

Bacaan Lainnya

Tim Gugus Covid 19 Takalar telah resmi mengoperasikan tiga posko screening atau pemerikaaan di gerbang masuk ke Takalar sejak Kamis 16 April 2020. Bupati Takalar Syamsari Kitta mengatakan, pengawasan ketat di wilayah perbatasan sebaga upaya melindungi warga Takalar dari penularan virus corona.

Syamsari mengatakan, tujuan dibukanya tiga posko pemeriksaan di Takalar sebagai langkah mengurangi potensi penyebaran. Pasalnya, berdasarkan pengalaman penyebaran virus corona ditularkan oleh orang yang memiliki riwayat perjalanan dari luar kota.

“Jika tak ada pemeriksaan atau tidak memperketat di perbatasan, maka sangat memungkinkan penularan wabah itu akan semakin meluas, dengan pemeriksaan di perbatasan maka semua identitas warga yang masuk Takalar akan diketahui sehingga gampang dipantau,” terang Syamsari.

Dengan pemeriksaan secara ketat di perbatasan, Syamsari mengatakan, warga yang memiliki riwayat perjalanan dari daerah terpapar corona akan terus dipantau. Bahkan, jika perlu warga bersangkutan akan diminta untuk melakukan isolasi mandiri untuk memastikan tidak terjangkit virus memastikan itu.

“Jika ada warga yang dari perjalanan di daerah terpapar corona maka pasti kita akan minta untuk melakukan isolasi mandiri, selanjutnya kita akan pantau terus sesuai protap,” ungkap Syamsari.

Berdasarkan pantauan, selain melakukan pemeriksaan suhu tubuh dan mendata setiap pengendara, tim gabungan juga mengedukasi pengendara. Seperti memakai masker dan menjaga selama berkendara.

Di samping itu, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Takalar, terus melakukan evaluasi dan bakal membuat sistem standar operasional prosedur untuk kemudian diterapkan pada setiap pelintas, pengunjung, maupun warga Takalar yang beraktivitas rutin di luar wilayah Takalar.

Editor: Azhar

 

judul gambarjudul gambar

Pos terkait