Pemkot Parepare Refocusing Rp35 Miliar Anggaran untuk Penanganan Covid

judul gambar

MANIFESTO, PAREPARE – Pemerintah daerah di seluruh Indonesia tetap harus melakukan refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19 pada 2021.

Pemkot Parepare sudah menyiapkan anggaran refocusing (fokus kembali) untuk penanganan Covid-19 pada tahun ini senilai Rp35 miliar.

Bacaan Lainnya

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Parepare, H Jamaluddin Achmad mengatakan, refocusing anggaran berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 17 Tahun 2021, diharapkan daerah menyiapkan anggaran minimal 8 persen dari Dana Alokasi Umum (DAU)/Dana Bagi Hasil (DBH).

“Untuk Parepare sekitar Rp35 miliar, dan itu kami sudah laporkan ke Kemenkeu. Kemenkeu menyatakan itu sudah sesuai,” ungkap Jamaluddin, Selasa, 23 Maret 2021.

Sementara untuk penggunaannya, kata Jamaluddin, diserahkan ke SKPD terkait langsung penanganan Covid-19. Di Parepare, ada 8 SKPD terkait Covid-19.

Sisa anggaran dimasukkan ke anggaran BTT (belanja tidak terduga) yang sebelum ada PMK, Pemkot Parepare sudah mengantisipasi senilai Rp15 miliar.

“Alokasi anggarannya kami sudah formulasikan untuk dimasukkan anggaran perubahan. Tapi sebelumnya harus melakukan perubahan Perwa penjabaran APBD 2021 yang selama ini kita kenal dengan parsial,” terang Jamaluddin.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait