Penghubung Paling Vital, FPG Minta Pemprov Prioritaskan Jembatan Sumpang Parepare

  • Whatsapp
Sekretaris FPG Sulsel Rahman Pina. (Ist)
Sekretaris FPG Sulsel Rahman Pina. (Ist)
judul gambar

MANIFESTO, MAKASSAR– Fraksi Partai Golkar (FPG) Sulsel mendesak gubernur membantu Pemkot Parepare untuk segera mewujudkan pembangunan jalan dan jembatan kembar Sumpang Minangae.

Jembatan Sumpang Minangae dinilai sudah tua dan tak mampu lagi menanggung beban begitu berat sebagai satu satunya penghubung utara dan selatan Sulsel, bahkan menjadi jalur utama Trans Sulawesi. Jika jembatan ini bermasalah maka akan melumpuhkan perekonomian, bukan hanya ekonomi Sulsel, tapi juga Sulbar, dan kawasan Sulawesi.

Bacaan Lainnya

“Belajar dari kasus kerusakan jembatan di Luwu yang langsung melumpuhkan ekonowi Luwu Raya, kita tidak ingin terulang kasus yang sama, ekonomi Sulawesi akan lumpuh total jika ada masalah yang terjadi pada jembatan Sumpang Minangae,” kata Juru BIcara FPG Sulsel Rahman Pina saat membacakan pandangan FPG terhadap nota keuangan dan Renperda APBD 2022, Rabu 17 November 2021.

Selain kekhawatiran tidak sanggup lagi menanggung beban karena jembatan Sumpang Minangae yang sudah berusia 43 tahun, jembatan ini menjadi askes utama jalur Trans Sulawesi, kondisinya saat ini sudah sangat sempit dengan lebar hanya tujuh meter. Rahman Pina mengatakan, kondisi jembatan sudah tak lagi ideal, padahal Jembatan Sumpang Minangae, menjadi akses penting ke provinsi lain di Sulawesi.

“Jembatan Sumpang yang dibangun sejak tahun 1978, sudah berusia 43 tahun, dirasa menjadi satu satunya akses menuju Kota Parepare, dan sebaliknya, sehingga pembangunan ini dinilai perlu untuk mengurai arus transportasi,” ungkapnya.

Ia mencontohkan jembatan kembar di Sungguminasa, Gowa saja yang hanya lintas selatan, sudah harus menanggung beban berat dan kemacetan yang hampir tiap hari terjadi. Apalagi, jembatan Sumpang Minangae Parepare yang harus menanggung beban jauh lebih besar dan volume kendaraan jauh lebih banyak.

Selain pembangunan jembatan Sumpang Minangae, FPG Sulsel juga mendesak gubernur mempercepat pembangunan stadion Mattoanging dan membangun jalan poros Mattirowalie-Pamusureng, Bone.

Editor: Azhar

Pos terkait