Peringati Hari Kemerdekaan, FPL Kembali Gelar Lintas Lompobattang- Bawakaraeng

judul gambar

MANIFESTO.com, MAKASSAR – Forum Pemerhati Lingkungan (FPL) Sulawesi Selatan kembali menggelar Lintas Merah Putih (LMP) ke XI.

LMP XI yang digelar dalam memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ini didukung oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Sulsel, Assa Rent dan Pelindo Makassar.

Bacaan Lainnya

Sebanyak 74 peserta dan 27 panitia secara resmi dilepas oleh Kepala Bagian Tata Usaha Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sulawesi Selatan, Asri Rasul di Lapangan Emmy Saelan, Jalan Hertasning, Makassar, Senin (12/8/2019).

Rute pendakian yakni Gunung Lompobattang, start dari Dusun Parangbintolo, Desa Lembangbu’ne, Malakaji, Kabupaten Gowa pada tanggal 13 Agustus kemudian peserta akan menuruni Lembah Kharisma keesokan harinya pada tanggal 14 Agustus.

Pada tanggal 15 Agustus peserta melakukan pendakian Gunung Bawakaraeng dan camp di pos 10 Gunung Bawakaraeng atau kurang lebih 500 meter dari tranggulasi puncak Gunung Bawakaraeng.

Pada tanggal 16 peserta akan melakukan pemulihan tenaga dan sehari selanjutnya pada tanggal 17 Agustus peserta turun ke Desa Lembanna di Malino sebelum kebali ke Makassar pada 18 Agustus.

LMP XI tahun ini berbeda dari penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya di mana peserta diwajibkan melakukan pendakian yang ramah lingkungan atau zerowaste dan peserta juga diwajibkan mengelola sampah sendiri atau ecobrick yang mengelola sampah plastik, ecocigarate atau mengelola sisa puntung rokok yang diketahui berbahan yang tidak cepat terdaur ulang di alam.

Sampah plastik dan rokok tersebut dimasukkan dalam botol sisa air mineral yang dipadatkan.
Kegiatan lain adalah aksi dan penanaman pohon bersih di kaki gunung saat peserta camp beristirahat sebelum kembali ke Makassar.

Selain itu peserta juga akan diberi materi lingkungan dari KLHK Sulsel dan praktisi ecobrick, ecocigarette dan zerowaste.

Rilis: FPL

 

 

 

judul gambarjudul gambar

Pos terkait