Raih Dukungan PKB, Golkar Diminta Prioritaskan Ical, Bukan Danny-Zunnun

  • Whatsapp
Ical menerima surat tugas dari PKB untuk maju di Pilwali Makassar 2020. (Ist)
Ical menerima surat tugas dari PKB untuk maju di Pilwali Makassar 2020. (Ist)

MANIFESTO, MAKASSAR— Mantan Wakil Walikota Makasar Syamsu Rizal telah mendapatkan surat tugas dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk bertarung di Pilwali Makassar 2020.

Dukungan partai yang memiliki satu kursi di DPRD Makassar itu membuka kans Ical untuk melangkah ke arena Pilwali. Dengan dukungan dari PKB ini, maka Golkar pun dimita untuk mempertimbangkan Ical sebagai kader internal untuk diusung.

Bacaan Lainnya

Pengamat politik Universitas Muhammadiyah Makasar Luhur A Prianto mengatakan, saat ini proses pengusungan kandidar di Golkar berlangsung. Tiga nama yakni, Samsyu Rizal, Irman Yasin Limpo, dan Moh Ramdhan Pomanto telah dikirim namanya untuk dipertimbangkan di DPP Partai Golkar.

“Pengusulan calon yang untuk diusung Golkar ada Danny, Ical, dan None sebenarnya masih berproses. Hal yang menjadi anomali, ketika nama Zunnun (Baca: Zunnun Nurdin Halid) hadir untuk dijadikan calon wakil dari Partai Golkar,” kata Luhur kepada Manifesto, Kamis 27 Februari 2020.

Ia menegaskan, sangat tidak elok mengusulkan nama lain di luar nama yang berkompetisi di Partai Golkar. Apalagi ada Ical sebagai kader internal juga sedang berkompetisi untuk diusung di Partai Beringin.

“Di berapa potret survey, posisi elektabilitas Ical cukup prospektif dan tidak terpaut jauh dengan Danny. Apalagi juga saat ini Ical sudah mengantongi surat tugas PKB,” kata Luhur.

Luhur mengatakan, Golkar harus belajar pada pengalaman Pilwali 2013. Upaya pimpinan mengakomodasi kepentingan kerabat terdekat, tanpa rasionalitas elektoral hanya akan mengurangi soliditas partai dan mengecewakan figur internal. Saat Pilwali 2013, Golkar memaksakan paket Supomo Guntur- Kadir Halid yang berakhir dengan kekalahan, meski survey awal Supomo jauh terpaut dari kandidat lain.

“Pada akhirnya, keputusan seperti itu tidak cukup untuk memenangkan kontestasi,” kata dia.

Nama Zunnun Nurdin Halid santer terdengar ditawarkan Golkar untuk dipaketkan dengan Danny Pomanto. Saat deklarasi rakyat Danny Pomanto di Celebes Convention Centre (CCC), massa Golkar “memadati” arena pelaksanaan acara.

Wakil Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel, Andi Makmur Burhanudin yang dikonfirmasi mengatakan, sangat bersyukur karena kader Golkar telah mendapatkan kepercayaan rekomendasi dari PKB. Dengan rekomendasi ini maka Golkar juga diharapkan akan segera mengeluarkan rekomendasi untuk Ical sebagai kader.

“Saya sebagai kader Golkar bersyukur karena PKB memberikan rekomendasi, saya kira ini signal jika Golkar juga akan segera mengeluarkan rekom untuk Deng Ical,” kata Makmur.

Rekomendasi PKB kata dia, sebagai penanda jika Ical akan bertarung di Pilwali Makassar. Apalagi survey Ical sangat kompetitif dan siap diperhadapkan dengan kandidat manapun. “Semakin kita tak ragu jika Deng Ical bertarung,” kata Makmur.

Editor: Azhar 

Pos terkait