Resmi Pimpin Pertina Sulsel, Harpen Ali Siap Kembalikan Kejayaan Tinju

Ketum PP Pertina Mayjen TNI (Purn) Komaruddin Simanjuntak melantik kepengurusan Pertina Sulsel di Hotel Claro Makassar. Foto/Istimewa
judul gambar

MANIFESTO, MAKASSAR – Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina), Mayjen TNI (Purn) Komaruddin Simanjuntak, melantik kepengurusan Pertina Sulsel periode 2022-2026 di Hotel Claro Makassar, Sabtu (3/12/2022). Pertina Sulsel kini dipimpin oleh Harpen Reza Ali yang tercatat sebagai ketua pengurus provinsi termuda di Indonesia.

Harpen menegaskan komitmen sekaligus kesiapan untuk mengembalikan kejayaan tinju Sulsel. Untuk itu, penyelenggaraan kompetisi akan digenjot. Bahkan, pihaknya berencana menggelar kejuaraan nasional atau Kejurnas Wakil Presiden (Wapres) Cup pada Agustus 2023.

Bacaan Lainnya

“Ini tanggung jawab membangkitkan kembali kejayaan tinju di Sulsel. Kami menginginkan ada kejuaraan tingkat nasional dan hasil rakernas November kemarin, sudah ada keputusan Sulsel ditetapkan sebagai tuan rumah Wapres Cup,” kata Harpen, disambut riuh tepuk pengurus Pertina Sulsel.

Ia berharap dukungan dari berbagai pihak, khususnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel untuk menyukseskan Wapres Cup 2023. Terlebih, tinju merupakan salah satu olahraga unggulan penyumbang prestasi buat provinsi. Olahraga tinju juga disebutnya identik dengan karakter Sulsel.

Ketua Umum PP Pertina, Mayjen TNI (Purn) Komaruddin Simanjuntak, mengapresiasi soliditas pengurus Pertina Sulsel dalam mempersiapkan pelantikan. Kekompakan itu diharapkan dapat berlanjut dalam mengawal prestasi tinju Sulsel dan mesti diperluas, termasuk dengan menggandeng pemerintah daerah.

“Sesuai tema, saya berharap untuk bangkit bersama untuk meraih prestasi. Sulsel ini kan gudangnya petinju. Potensi Sulsel itu besar, bagus banget. Kalau Sulsel tidak punya juara, ya kita harus bertanya karena di sini gudangnya (petinju berbakat),” ungkapnya.

Diakui Komaruddin, tentu tidak mudah untuk dapat meraih prestasi. Tantangannya berat dan dibutuhkan kepemimpinan yang kuat. Menurutnya, mengurus tinju maupun cabang olahraga lain di Indonesia dibutuhkan sosok pemimpin hebat, apalagi di tengah banyaknya keterbatasan, baik peralatan maupun anggaran.

Sementara itu, Staf Ahli Gubernur Sulsel, Mujiono, mewakili Gubernur Andi Sudirman Sulaiman, menyampaikan harapannya agar atlet tinju Sulsel dapat meraih prestasi, baik di kancah nasional maupun internasional. Untuk itu, didorongnya lahirnya inovasi dalam menghadapi perubahan demi peningkatan prestasi.

“Spirit yang dibawa, jangan menyerah dengan keterbatasan. Kiranya (Pertina Sulsel) dapat terus bersinergi agar bisa lebih berprestasi,” tuturnya.

Ia juga berpesan agar olahraga tidak dibawa ke ranah politik. Harus murni benar-benar untuk mengejar prestasi agar tujuan dan manfaat olahraga tersebut dapat tercapai.

Selain pelantikan pengurus, Pertina Sulsel juga menggelar sejumlah kegiatan sebagai rangkaian acara. Di antaranya yakni launching website Pertina Sulsel sebagai pusat data dan informasi organisasi olahraga tinju provinsi serta pemberian apresiasi kepada tokoh olahraga maupun mantan Ketua Pertina, seperti Reza Ali, Ryan Latief dan Adi Rasyid Ali.

Editor: Azhar

judul gambar

Pos terkait