RS Wahidin Nyatakan Pasien Asal Takalar Tidak Terjangkit Corona

  • Whatsapp
Waspadai penyebaran virus corona. (ilustrasi int)
Waspadai penyebaran virus corona. (ilustrasi int)

MANIFESTO, TAKALAR – Warga Takalar yang dirujuk ke RSUP kemarin Wahidin Sudirohusodo dinyatakan tidak terjangkit corona.

RM, 91, dirujuk dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Padjonga Daeng Ngalle Takalar karena menderita demam dan batuk. Apalagi, pasien bersangkutan baru pulang bepergian dari luar negeri.

Bacaan Lainnya

RSUP Wahidin Sudirohusodo menyampaikan bahwa rujukan indikasi suspec corona itu tidak diterima. Rujukan RSUD Takalar sebagai bentuk kehatian- hatian untuk mencegah penularan virus asal China itu di Sulsel.

“Pasien ini tidak memenuhi syarat indikasi suspect/pasien dalam pengawasan (PDP),” kata Humas RSUP Wahidin Sudirohusodo, Dewi Risky Nirmala lewat rilisnya, Minggu 8 Maret 2020.

Dewi mengatakan bahwa pasien itu hanya menderita infeksi penyakit lain, bukan suspek corona. “Bukan suspect Corona, lebih kepada penyakit infeksi lain,” katanya.

Sebelumnya, Kabid Pelayanan Masyarakat dr Thamsur Said mengatakan, penyebutan suspect corona atau dicurigai corona sebagai bentuk proteksi dini dari petugas RSUD. Untuk memastikan, RSUD Takalar melakukakan rujukan ke RS Wahidin untuk menjawab kecurigaan karena harus ada pembanding dari RS yang lebih tinggi tipenya.

“Hasil pengecekan laboratorium dan pemeriksaan foto thorax (foto rontgen pada area dada focus area paru2), pasien ada gejala batuk sama seperti asien infeksi paru lainnya, tapi karena pasien baru pulang dari umrah jadi kami menduga atau curiga mengarah ke corona, maka kita rujuk ke Wahidin,” kata Thamsur.

Editor: Azhar

 

Pos terkait