Sejarah Baru, Takalar Raih Juara Tiga MTQ Sulsel di Bone

  • Whatsapp
judul gambar

MANIFESTO, BONE– Membanggakan! Kafilah kabupaten Takalar berhasil menjadi juara umum 3 dalam perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat provinsi Sulawesi Selatan ke- XXXII yang dihelat di Bone.

Para kafilah berhasil menunjukkan kemampuannya mengharumkan nama kabupaten Takalar dengan membawa pulang 6 emas, 2 perak, dan 3 perunggu.

Bacaan Lainnya

Bupati Takalar Syamsari, didampingi Kepala Kantor Kemenag Takalar Muhammad, dan Sekda Takalar H. Muh. Hasbi menerima piala bergengsi tersebut di Stadion Lapatau, Kabupaten Bone. Kamis (30/6/2022) malam.

“Saya mengapresiasi kafilah yang telah mengantar Takalar masuk menjadi 3 besar melalui perolehan medali yang signifikan, ini perolehan tertinggi sejak Takalar berdiri. Kita berdoa semoga tahun-tahun mendatang Takalar mendapatkan posisi yang lebih tinggi dari raihan saat ini,” kata Syamsari.

Syamsari juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung perolehan ini baik eksekutif, legislatif, unsur forkopimda, Kemenag Takalar, ormas dan seluruh komponen masyarakat Takalar.

“Terkhusus kepada pelatih, pendamping dan seluruh peserta lomba yang telah mengharumkan nama Takalar, semoga Allah SWT membalas semua jerih payah dengan pahala berlipat ganda, aamiin,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua LPTQ sekaligus Sekda Takalar Muh. Hasbi menyampaikan bahwa
Kafilah yang diikutkan dalam kompetisi ini telah lama dipersiapkan untuk mengikuti lomba.

“Mereka didominasi oleh putra putri lokal, adapun beberapa warga luar yang kebetulan mondok di pesantren Takalar juga kita ikutkan berlomba. Mereka dikarantina dan dilatih khusus oleh pelatih profesional,” papar Hasbi yang juga merupakan ketua Kontingen MTQ kabupaten Takalar.

Cabang lomba yang berhasil dimenangkan oleh peserta yang mewakili kabupaten Takalar yakni, Tartil, hafalan 1 juz putra, 10 juz putri, tafsir inggris , 30 juz putra, dan MSQ putra.

Untuk diketahui, kabupaten Takalar mengirim 45 kafilah untuk bertanding pada sejumlah cabang lomba. Sebelas peserta berhasil lolos masuk dalam final.

Di antaranya, cabang lomba Tartil Putra, tafsir bahasa Indonesia Putri, Tafsir bahasa Inggris putri, Tafsir Inggris Putra, hafalan 10 juz putri, Qoriah Remaja putri, hafalan 1 juz putra, MSQ putra, hafalan 20 juz putra, hafalan 30 juz putra, dan Khat Dekorasi Putri.

Prestasi ini menambah deretan penghargaan kabupaten Takalar dalam ajang MTQ tingkat provinsi maupun STQH diantaranya Juara 1 Qoriah dewasa tahun 1999 di Kabupaten Majene, Juara 2 Hifdzil 20 juz STQH tahun 2017 di Pare-Pare, Juara 3 Hifdzil 5 juz dan tilawah MTQ tingkat provinsi di Kabupaten Sidrap tahun 2020.

Editor: Azhar

  • Whatsapp

Pos terkait