Singkirkan Juventus, Ajax ke Semifinal Liga Champion

judul gambar

MANIFESTO.com, TURIN – Di luar dugaan banyak orang, Ajax Amsterdam melangkah ke semifinal Liga Champions!

Di leg kedua perempatfinal, Frenkie de Jong dkk mengalahkan Juventus 2-1, dan lolos dengan agregat 3-2.

Bacaan Lainnya

Bertanding di Allianz Stadium, Turin, Rabu (17/4/2019) dini hari WIB, Juventus vs Ajax berimbang di babak pertama. Gol Cristiano Ronaldo di menit ke-28, dibalas oleh Donny van de Beek di menit ke-34.

Di babak kedua, Ajax unggul lewat aksi Matthijs de Ligt. Kapten De Amsterdammers itu merobek gawang Juventus di menit ke-67. Keunggulan tim tamu bertahan hingga laga tuntas.

 

 

Jalannya Pertandingan

Juventus menekan Ajax sejak peluit kick off berbunyi. Peluang pertama datang di menit keempat, saat Emre Can bisa memblok tendangan Andre Onana, yang mendapat back pass, tapi bola reboundnya masih mengarah ke samping gawang.

Perlahan, Ajax bisa keluar dari tekanan. Tapi tetap Juventus yang bisa unggul lebih dulu lewat gol Ronaldo di menit ke-28. Berawal dari tendangan sudut Miralem Pjanic, penyerang Portugal itu tanpa kesulitan menanduk bola ke gawang Ajax. Sempat ditinjau VAR, gol itu disahkan wasit Clement Turpin.

Ajax merespons gol itu di menit ke-34, usai Van de Beek merobek gawang Wojciech Szczesny dari jarak dekat. Berawal dari tendangan Hakim Ziyech di luar kotak penalti, bolanya berhenti di kaki Van de Beek yang berada di dalam kotak, dan meneruskannya dengan sepakan placing ke tiang jauh sisi kanan gawang Juventus.

Gol itu sempat dicek VAR juga karena terindikasi offside, tapi wasit mengesahkannya. Skor 1-1 bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Juventus mengganti Dybala yang cedera dengan Moise Kean. Pergantian itu membuat lini depan Juventus kehilangan efektivitas, karena aliran bolanya tak pernah sampai ke sang striker.

Ajax pun dengan leluasa menguasai lini tengah. Berkali-kali Van de Beek dkk mengancam gawang gawang Szczesny berkat permainan cantik. Di menit ke-51, Ziyech mendapat ruang tembak di sisi kanan kotak penalti, namun sepakan jarak dekatnya bisa digagalkan Szczesny yang membuat penyelamatan gemilang.

Di menit ke-57, giliran Van de Beek yang nyaris membobol gawang Juventus. Menguasai bola di luar kotak penalti sebelah kiri, ia mengarahkan bola ke tiang jauh sisi kanan, tapi lagi-lagi bisa digagalkan Szczesny.

Di menit ke-61, Juventus bisa mengancam melalui serangan balik. Memanfaatkan umpan Ronaldo, Moise Kean melepaskan tendangan kaki kanan yang mengarahkan bola masih sedikit menyamping dari gawang Ajax.

Ajax, yang masih dalam situasi memegang kendali permainan, akhirnya bisa mencetak gol keduanya lewat De Ligt pada menit ke-67. Berawal dari sepak pojok, sang kapten bisa menanduk bola, meski dikawal dua pemain Juventus, dan mengirimnya masuk ke gawang Szczesny. Ajax memimpin 2-1.

Usai tertinggal, Juventus berusaha menekan. Barisan depan tuan rumah cukup kesulitan membongkar lini belakang Ajax yang tampil

Justru Ajax yang masih terus membahayakan. Di menit ke-74, Neres nyaris membobol gawang Juventus. Memanfaatkan kesalahan Daniel Rugani, bola didapat Ziyech, yang langsung mengopernya ke Neres. Tinggal berhadapan dengan Szczesny, sepakannya tak sempurna sehingga membuat bolanya melenceng dari gawang.

Di menit ke-80, Ajax sempat membobol gawang Juventus lagi. Kali ini Ziyech yang melepaskan tembakan melengkung yang masuk ke gawang Juventus, tapi kali ini VAR membatalkannya.

Di menit ke-89, drama terjadi. Juventus memprotes minta penalti usai Daley Blind terlihat handball. Usai dicek VAR, wasit tidak memberikan penalti. Hingga laga tuntas, kemenangan Ajax tetap bertahan.

Editor: Azhar
judul gambarjudul gambar

Pos terkait