Trump Umumkan Darurat Nasional Wabah Corona di AS

judul gambar

MANIFESTO, JAKARTA– Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengambil keputusan luar biasa menyikapi wabah corona yang makin merebak di negaranya.

Trump mengumumkan status darurat nasional di tengah merebaknya wabah corona di negaranya. Trump memutuskan untuk mengucurkan dana federal sebesar 50 miliar dolar AS untuk digunakan dalam penanganan corona.

Bacaan Lainnya

“Untuk melepaskan kekuatan penuh pemerintah federal, saya secara resmi mendeklarasikan (status) darurat nasional,” kata Trump dalam sebuah pernyataan di halaman Gedung Putih,” dikutip dari Kumparan,com.Sabtu (14/3).

Trump memerintahkan seluruh negara bagian AS membentuk pusat operasi darurat penanganan corona.

Di Amerika Serikat, tercatat ada lebih dari 1.200 penderita virus corona dengan angka kematian 36 orang. Kebanyakan kasus terjadi di negara bagian Washington, terpusat di sebuah panti jompo.

Trump juga sudah mengambil kebijakan untuk melarang masuk seluruh pendatang dari Eropa ke Amerika Serikat. Larangan ini dikeluarkan demi mencegah penyebaran virus corona dari Eropa ke AS.

Pengumuman ini disampaikan Trump pada Rabu (11/3). Larangan ini berlaku untuk seluruh negara di Eropa, kecuali Inggris. Trump mengatakan larangan ini berlaku selama 30 hari mulai Jumat (13/3) waktu AS.

“Untuk menghindari kasus baru masuk ke negara kami, kami akan menangguhkan seluruh perjalanan dari Eropa ke AS untuk 30 hari ke depan. Peraturan baru ini akan berlaku pada Jumat tengah malam,” kata Trump dilansir dari Reuters.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait