Waspadalah, 231 Aplikasi Pinjam Uang Online Tidak Terdaftar di OJK

judul gambar

MANIFESTO.com, Jakarta – Kehadiran aplikasi pinjam uang online membawa angin segar bagi kita yang membutuhkan uang ekstra secara cepat tanpa ribet.

Aplikasi pinjam uang online memang menawarkan banyak kemudahan dalam meminjam uang. Hanya dengan handphone kita bisa mendapatkan uang ekstra secara cepat langsung cair tanpa ribet dimana pun dan kapan pun.

Bacaan Lainnya

Namun, segala kemudahan tersebut bukannya tanpa risiko. Aplikasi pinjam uang online seringkali menjebak masyarakat dengan bunga tinggi. Akibatnya, kasus pinjaman online makin marak terjadi.

Terbaru, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merilis daftar 231 Penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi (Fintech Peer-To-Peer Lending) yang tidak memiliki izin atau ilegal per 13 Februari 2019.

Daftar tersebut tidak hanya aplikasi tapi juga akun media sosial yang menawarkan pinjaman uang online. Pasalnya, aplikasi pinjam uang online dan akun media sosial yang tidak terdaftar di OJK berpotensi merugikan masyarakat.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan OJK, sejak Juli 2018 sampai Desember 2018 lalu, sudah teridentifikasi 635 fintech ilegal. Pada Januari-Februari ditemukan lagi 168 perusahaan sehingga totalnya menjadi 803.

Sumber : Internet

judul gambarjudul gambar

Pos terkait