Arus Penumpang Kapal Lingkup Pelindo Regional 4 Mulai Melonjak

judul gambar

MANIFESTO, MAKASSAR – Pada H-9 mudik Lebaran 1444 Hijriah, total arus penumpang kapal di PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 mengalami trend pertumbuhan yang cukup signifikan yakni mencapai angka 130 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Regional Head 4 Pelindo, Enriany Muis, mengatakan bahwa di musim mudik tahun lalu, jumlah arus penumpang kapal mencapai 105.337 orang untuk debarkasi dan embarkasi.

Bacaan Lainnya

“Tahun ini, angka itu mengalami trend peningkatan sebesar 130 persen atau menjadi sebanyak 137.414 orang pada H-9 mudik Hari Raya Idulfitri 1444 H,” kata dia, dalam keterangan pers pada akhir pekan ini.

Dia menuturkan bahwa arus penumpang mudik untuk debarkasi atau yang tiba di pelabuhan, trend pertumbuhannya sebesar 138 persen. Sedangkan untuk embarkasi atau penumpang yang berangkat mencapai 125 persen pada H-9 Lebaran tahun ini atau 14 April 2023.

“Untuk arus penumpang, the big five atau lima besar pelabuhan di Regional 4 yang pertumbuhannya paling besar yakni di Pelabuhan Makassar sebanyak 17.508 orang, kemudian berturut-turut Pelabuhan Ambon 14.795 orang, lalu Pelabuhan Balikpapan 14.649 orang, menyusul Pelabuhan Ternate 14.306 orang, dan Pelabuhan Parepare sebanyak 12.256 orang,” sebutnya.

Sementara itu total arus kunjungan kapal penumpang di Pelindo Regional 4 mencapai 265 call atau mengalami trend peningkatan sebesar 106 persen dari periode yang sama tahun lalu.

“Tahun lalu arus kunjungan kapal penumpang di Regional 4 mencapai 250 call,” ujar Enriany.

Menurut dia, the big five atau lima besar kunjungan kapal di Pelindo Regional 4 hingga H-9 mudik Lebaran 2023 yakni Manado dan Ternate sama-sama tertinggi dengan 31 call, Kendari 29 call, Nunukan 28 call, serta Balikpapan 19 call.

“Sedangkan di Pelabuhan Makassar yang menjadi pelabuhan terbesar di Kawasan Timur Indonesia (KTI), arus kunjungan kapal hingga H-9 Hari Raya Idulfitri 1444 H mencapai 19 call, namun memiliki arus kunjungan penumpang yang tertinggi di Regional 4,” bebernya.

Enriany juga menyebutkan bahwa mengantisipasi arus mudik Lebaran tahun ini, pihaknya bersama seluruh stakeholder pelabuhan di Regional 4 telah membuka Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2023 sejak Kamis (6 April 2023).

Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar, Hernadi Tri Cahyanto, saat apel pembukaan Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2023 di Pelabuhan Makassar mengatakan bahwa Posko Angkutan Lebaran tahun 2023 ini bertujuan untuk memberikan pelayanan yang terbaik khususnya bagi para pemudik yang melewati Pelabuhan Makassar selama libur Lebaran.

Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2023 di Pelabuhan Makassar ini akan beroperasi selama 24 jam selama periode libur Lebaran. Para pemudik yang membutuhkan bantuan atau informasi dapat menghubungi petugas di posko angkutan Lebaran tersebut.

“Kita harus bekerja sama dan berkoordinasi dengan baik dalam menjalankan tugas-tugas kita selama libur Lebaran nanti. Kita juga harus memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pemudik yang melintas di Pelabuhan Makassar agar mereka merasa aman dan nyaman,” kata Hernadi.

Dia juga mengimbau agar seluruh instansi yang terlibat untuk bekerja sama dengan baik dan menjaga kerja sama yang harmonis dalam melaksanakan tugasnya masing-masing.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait