Banjir Tawaran Posko Pemenangan di Daerah, Pengamat: Jaringan IAS Masih Terawat

judul gambar

MANIFESTO, MAKASSAR– Roadshow politik Ilham Arief Sirajuddin (IAS) di sejumlah daerah diwarnai dengan banyaknya tokoh yang menyerahkan bangunan menjadi posko IAS menatap pilgub Sulsel mendatang.

Fenomena ini di mata pengamat dianggap sebagai fakta kuatnya wali kota Makassar 2004-2014 itu dalam merawat jaringan.

Bacaan Lainnya

“Itu indikasi nyata kuatnya sosok IAS menjaga dan merawat jaringannya,” terang Direktur Nurani Startegic, Dr Nurmal Idrus, kepada wartawan di Makassar, Senin, 26 September 2022.

Menurutnya, jaringan itu terbangun sejak lama dan terjaga. “Itu terbangun sejak lama dan kini IAS memanen semuanya ketika memulai membangun jalannya menuju Pilgub 2024,” sambung Doktor Ilmu Politik ini.

Aneka support dari jaringan itu diyakini menjadi bagian penting kesiapan IAS menatap pilgub 2024 mendatang.

“Gelombang dukungan yang didapatnya menunjukkan adanya tren yang bagus. Itu positif baginya karena akan memudahkan langkahnya ke depan di Pilgub,” ujar Nurmal.

Antusiasme warga Sulawesi Selatan memberi sokongan kepada IAS memang seperti tidak ada habisnya. Teranyar, tokoh masyarakat Takalar, H Abd Latief Ruppa menyerahkan ruko untuk digunakan sebagai posko pemenangan IAS di pilgub Sulsel 2024 mendatang akhir pekan lalu.

Posko itu terletak di poros jalan Takalar-Gowa. Berukuran 6×12, sebuah spanduk besar sudah berdiri di depan posko itu.

Sebelumnya, Haji Tarra, tokoh masyarakat Galesong, Takalar, menyerahkan ruko tiga tingkat untuk digunakan sebagai posko induk Takalar bagi IAS di pilgub mendatang. Ruko berukuran 10×17 meter itu terletak di poros Galesong-Makassar.

Sejak mendeklarasikan diri siap maju pilgub medio November 2021 lalu, IAS menerima tawaran bantuan beruntun dari mereka yang tergerak hatinya untuk membantu. Baik dari sahabat atau sejumlah pengagum rahasianya.

Di Palopo pengujung April lalu, pengusaha ternama, Andi Cincing Makkasau menawarkan kediamannya menjadi posko induk untuk IAS di Pilgub. Lalu, disusul Andi Akbar Singke alias Puang Cambang di Soppeng.

Sebagai bentuk ketulusan, mantan anggota DPRD Sulsel itu siap menyerahkan mobil double cabin 4×4 kesayangannya. Plat nomor mobil itu diklaim dikenal hampir semua masyarakat Soppeng. “Jadi, kalau Pak IAS pakai itu untuk kampanye, sama saja kalau saya sudah ikut di kampanye itu,” terang tokoh masyarakat Soppeng itu.

Masih di Soppeng pada awal Mei lalu, Pengusaha kuliner Soppeng, Hasriadi Sompe, menyerahkan satu unit bangunan untuk menjadi posko pemenangan IAS di Kabupaten Soppeng jika maju pada Pilgub Sulsel 2024 mendatang.

Bangunan tiga tingkat itu berdiri di atas lahan seluas 4×12 M2. Terletak tepat di jantung kota Kalong, depan Tugu BRI. Sudut pertigaan Jalan Kemakmuran dan Jalan Pemuda.

Hasriadi membeber alasan khusus mengapa hatinya ringan dengan bantuan tersebut. Pria yang akrab disapa Adi itu menganggap IAS yang sudah memimpin Makassar dua periode dengan begitu sukses memang layak untuk dibantu. “Apakah bantuan ini beliau butuhkan atau tidak, itu nomor dua,” sebut alumni Fakultas Ekonomi Unhas itu.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait