Berlangsung Tiga Bulan, Diklat CKS Disdikbud Takalar Berakhir

Penutupan Diklat CKS di Hotel Traveller Makassar, Selasa 29 Desember 2020. (Ist)
Penutupan Diklat CKS di Hotel Traveller Makassar, Selasa 29 Desember 2020. (Ist)
judul gambar

MANIFESTO, MAKASSAR– Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Takalar Drs Irwan bersama Kepala LPMP Dr Abdul Halim menutup secara resmi pendidikan dan pelatihan (Diklat) Calon Kepala Sekolah (CKS) Tahun 2020 di lingkup Disdikbud Takalar, di Hotel Traveller Makassar, Selasa 29 Desember 2020.

Dalam sambutannya, Irwan menyampaikan terima kasih sebesar besarnya kepada pihak yang terlibat terkhusus pihak LPMP yang telah memfasilitasi sehingga kegiatan ini bisa terlaksana dan berakhir sesuai rencana. Kegiatan yang dilaksanakan kurang lebih tiga bulan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Bacaan Lainnya

“Kita bersyukur karena kegiatan yang berlangsung selama tiga bulan bisa kita lalui dan kegiatan bisa terlaksana dengan maksimal,” kata Irwan di depan calon kepala sekolah, Selasa 29 Desember 2020.  

Irwan menegaskan, peserta telah bekerja keras dengan disiplin yang tinggi sehingga bisa melalui kegiatan sebagai syarat menjadi kepala sekolah itu. “Dengan kerja keras dan disiplin yang tinggi peserta bisa sukses melalui diklat ini,” ujar Irwan.

 Mantan Sekretaris Pendidikan Takalar ini pun mengatakan, jika selama diklat ini, panitia melibatkan Tim PSC Dinas Kesehatan untuk melakukan repid tes sebagai syarat menjadi peserta tatap muka. Sementara mereka yang terkonfirmasi reaktif atau sakit harus melakukan diklat dengan pola daring alias virtual.

“Peserta diklat diwajibkan melakukan penerapan protokoler kesehatan selama mengikuti kegiatan ini, sementara untuk peserta yang sakit atau reaktif saat melakukan repid difasilitasi dengan pola daring,” katanya.

Irwan juga berharap kepala sekolah yang terpilih nantinya harus memiliki 4 kriteria, di antaranya, loyalitas, profesional, kompetensi, konsistensi dan juga memiliki strategi dalam menyelesaikan masalah. “Kepala sekolah harus memiliki criteria ini untuk menjalankan tugas dengan baik dan maksimal,” terang dia.

Sedangkan perwakilan LPMP, Rahmawati, SPd MPd membeberkan, perjuangan dari para peserta untuk menyelesaikan setiap tahap. Ia pun mengapresiasi kerja keras dan disiplin calon kepala sekolah itu.  

“Kegiatan tersebut sangat berat bagi teman teman, itu terlihat dari beberapa laporan yang sudah tidak beraturan, ada yang lampirannya di depan sementara halnya di belakang, mungkin karena terburu buru menjilid,” kata Rahma dalam sambutan saat penutuan diklat itu .

Ia pun mengaku, jika kegiatan Diklat CKS Takalar Tahun 2020 sudah berjalan sebagaimana yang diharapkan. Mulai dari kegiatan Rencana Proyek Kepemimpinan (RPK) di sekolah asal dan Peningkatan Kompetensi (PK) di sekolah magang masing-masing CKS.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait