Bupati Target Seluruh Desa di Takalar Capai ODF 100 Persen Tahun Ini

Bupati Takalar Syamsari Kitta memimpin rapat terkait capaian desa ODF, beberapa waktu lalu. (Ist)
Bupati Takalar Syamsari Kitta memimpin rapat terkait capaian desa ODF, beberapa waktu lalu. (Ist)
judul gambar

MANIFESTO, TAKALAR– Dalam rangka percepatan Open Defecation Free (ODF) tingkat Kabupaten Takalar, Bupati Takalar Syamsari Kitta melakukan rapat untuk mengambil langkah strategis agar seluruh desa di Takalar mencapai ODF 100 persen untuk tahun 2020 ini.

Diketahui untuk pada 2017, 29 desa mencapai ODF, 41 desa ODF di 2018, 2019 sebanyak 53 desa ODF dan untuk 2020 sebanyak 61 desa telah mencapai ODF. Dengan demikian, tingal 13 desa yang belum mencapai ODF.

Bacaan Lainnya

Persentase ODF provinsi 77 dan Takalar 61 persen. Tercatat penyumbang belum ODF terbesar berada di Kecamatan Mangarabombang. Untuk itu, Bupati Takalar Syamsari menyampaikan langkah-langkah khusus  untuk mencapai ODF 100% bagi seluruh desa untuk tahun ini.

“Kita tidak hanya ingin pendekatan aturan dari desa dan adanya intervensi dalam bentuk pelanggaran. Kita ingin membangun pendekatan sosial budaya, pendekatan secara personal,” kata Syamsari usai rapat, Rabu 30 September 2020.

Syamsari mengatakan, ODF ini hanya satu atribut dari suatu hal yang fondamental yaitu membangun budaya hidup sehat dan bersih. Ia berharap semua pihak terlibat untuk mewujudkan masyarakat untuk hidup bersih dan sehat.

“Kita ingin beberapa bulan ke depan sudah ada progres dan sudah ada jawaban yang berbeda bagi para camat dari jawaban hari ini. Kita harus ada komitmen bersama untuk ODF sehingga kita bisa memberikan suatu perencanaan program strategis, apa lagi yang bisa kita sinergikan dengan dana desa selain pengadaan sapi,” terang Syamsari.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait