Di Depan Anggota DPRD Sulsel, Pj Gubernur Ibaratkan Sedang Menahkodai Kapal yang Tenggelam

Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin menghadiri rapat paripurna di DPRD Sulsel, Rabu 11 Oktober 2023. (Ist,)
Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin menghadiri rapat paripurna di DPRD Sulsel, Rabu 11 Oktober 2023. (Ist,)
judul gambar

MANIFESTO, MAKASSAR– Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) sudah berada di ujung kebangkrutan, hal itu diungkapkan oleh Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin pada rapat paripurna penjelasan RAPBD tahun 2024, di DPRD Sulsel, Rabu 11 Oktober 2023.

Menurut Bahtiar, Provinsi Sulsel saat ini mengalami defisit sebesar Rp1,5 triliun. Bahkan disebutkan, dia bagaikan menahkodai kapal tenggelam.

Bacaan Lainnya

“Kita defisit 1,5 triliun, Sulsel ini bangkrut. Saya ini pemimpin nahkoda, kapal Sulsel sudah tenggelam, pilihannya cuma dua, tenggelam atau saya ambil upaya penyelamatan,” ujarnya.

Dampak dari defisit tersebut membuatnya mengambil keputusan dengan menghentikan seluruh kegiatan atau program yang dianggap tidak jelas.

Defisit terjadi karena salah perencanaan yang dilakukan oleh gubernur sebelumnya.

“Kenapa bisa defisit, perencanaan program di langit tapi uangnya tidak ada. Uangnya Rp10 triliun utangnya Rp1,5 triliun, artinya 1,5 itu tidak ada uangnya. Kenapa, 1 uangnya orang, 850 miliar diklaim padahal uangnya kabupaten/kota dari DBH,” bebernya.

Dia meminta Inspektorat untuk melakukan audit, selain itu persoalan defisit sudah dilaporkan secara tertulis kepada Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Selain itu, APBD 2024 akan difokuskan pada pembayaran utang, namun tahun depan hanya mampu bbayar Rp1,2 triliun. Selain itu dia juga memprediksi adanya potensi utang tahun depan sebesar Rp1,1 triliun.

“Tidak usah belanja dulu, bayar utang dulu, kenapa kita mau belanja kalau masih ada utang,” pungkasnya.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait