Di Depan Anggota DPRD Sulsel, Warga Pulau Lae- Lae Tolak Reklamasi Losari

judul gambar

MANIFESTO, MAKASSAR– Warga Pulau Lae-Lae menolak keras rencana reklamasi di perairan Pantai Losari Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) yang akan dilakukan oleh pihak swasta.

Penolakan itu disuarakan warga Pulau Lae-Lae ketika menghadiri rapat dengar pendapat di Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulsel, Selasa 3 Oktober 2023.

Bacaan Lainnya

Tokoh masyarakat pulau Lae-Lae, Umar Daeng Situju menyampaikan aspirasi terkait masalah reklamasi yang akan dilaksanakan oleh PT Yasmin.

Sejak awal masyarakat pulau Lae-Lae menolak rencana tersebut untuk melakukan reklamasi, sebab hal itu akan merusak ekosistem di sekitar pulau dan menurunkan pendapatan masyarakat yang sebagian besar merupakan nelayan.

“Jadi dengan adanya reklamasi di CPI maka nilai pendapatan masyarakat sangat menurun karena mereka semua nelayan yang mencari nafkah pada saat satu musim saja. Kalau reklamasi terjadi maka tidak lagi mendapatkan hasil dari penyewaan perahu penyeberang untuk pariwisata pasir putih,” jelasnya.

“Intinya kami datang di sini tidak ada reklamasi di seputar Pulau Lae-Lae dan menegaskan bahwa kami menolak reklamasi,” tegasnya.

Sementara itu, salah watu warga Pulau, Daeng Bau menyampaikan bahwa dirinya juga dengan tegas menolak, karena berkaitan dengan urusan hidup masyarakat nelayan yang mata pencaharian di laut.

“Kami tegaskan menolak berapapun kompensasi yang akan diberikan kepada kami karena dari hasil nelayan membesarkan dan menyekolahkan anak kami sampai perguruan tinggi. Jadi kalau reklamasi masih tidak ada lagi harapan untuk kami,” ungkapnya.

Ketua komisi C DPRD Sulsel, Andi Januar Jaury mengatakan, rencana reklamasi harus sesuai dengan regulasi agar tidak terjadi perdebatan yang mengangkat opini dan pandangan segala kebijakan kepada warga Kepulauan Lae-lae yang berdampak pada ekonomi dari kebijakan strategis Pemprov Sulsel.

“Pada rapat dengar pendapat Komisi C tidak bisa mengambil keputusan, namun hal ini akan dilaporkan ke pimpinan sebagai keputusan lembaga agar bisa mencarikan solusi untuk warga yang ada pulau untuk kelangsungan hidupnya,” katanya.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait