Diresmikan Jokowi, KA Rute Makassar-Parepare Resmi Beroperasi

Jokowi meresmikan kereta api jalur Makassar- Parepare, Rabu 29 Maret 2023..(Ist)
Jokowi meresmikan kereta api jalur Makassar- Parepare, Rabu 29 Maret 2023..(Ist)
judul gambar

MANIFESTO, MAKASSAR– Impian masyarakat Sulawesi Selatan memiliki sarana transportasi kereta api akhirnya terwujud. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Kereta Api (KA) Makassar-Parepare yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu (29/3).

Menurutnya, KA ini nantinya tidak hanya sampai Parepare tapi ke depannya bakal diperpanjang hingga Manado Utara. Pembangunannya akan dilakukan secara bertahap.

Bacaan Lainnya

“Yang sekarang yang ingin kita resmikan ini jalur dari Maros ke Barru,” ujar Jokowi.

Pembangunan transportasi umum yang lebih baik ini dinilai memang sangat terlambat dengan negara lain. Namun, tetap harus dilakukan daripada tidak sama sekali.

Jokowi meresmikan kereta api jalur Makassar- Parepare, Rabu 29 Maret 2023..(Ist)

Jokowi menekankan pembangunan ini dilakukan tujuannya untuk mengurangi kemacetan. Di mana, macet tak hanya terjadi di Jakarta, tapi juga Makassar.

“Oleh sebab itu, saya sangat senang dan menghargai apa yang sudah kita mulai ini,” imbuhnya.

Diharapkan, dengan KA jalur Makassar-Parepare ini, makin banyak masyarakat yang beralih ke transportasi umum. Selain itu, langkah ini juga dinilai bakal meningkatkan daya saing Indonesia dengan negara lain.

“Ini kalau nanti betul-betul sudah (selesai semua) keretanya banyak, ada untuk penumpang, ada untuk wisata, ada untuk barang. Ini akan memberikan daya saing, competitiveness, negara kita akan semakin baik,” jelasnya.

Panjang jalur KA Makassar-Parepare mencapai 145 km. Sementara terbangun 120 km yang siap dioperasikan baru 80 km dari Stasiun Maros di Makassar sampai Stasiun Garongkong di Kabupaten Barru.

Pembangunan jalur kereta api menelan anggaran sekitar Rp9 triliun yang berasal dari berbagai sumber, salah satunya dari APBN.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait