DPRD Sulsel Dukung Pj Gubernur Tanam 100 Ribu Hektar Pohon Pisang

judul gambar

MANIFESTO, MAKASSAR– Wakil Ketua DPRD Sulsel, Syaharuddin Alrif, memberikan dukungan terhadap program Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin yaitu menanam 100 ribu hektar pohon pisang.

Ia menilai dua hal yang dilakukan oleh Pemprov Sulsel dibawah kepimpinan Bahtiar. Yakni perubahan menanam dari tradisonal ke moderen, dan dari konsumtif menjadi industri.

Bacaan Lainnya

“Itu dua keinginan Bapak Gubernur, dan tentu kami DPRD Sulawesi Selatan mendukung penuh keinginan Pak Gubernur untuk 100.000 ribu hektar yang ada di Sulsel,” sebutnya.

Hal itu diungkapkan Syaharuddin Alrif ketika menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Ketahanan dan Kedaulatan Pangan Gerakan Gemar Menanam Pisang (G2MP), di Baruga Karaeng Pattingalloang, Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Kota Makassar, Kamis 28 September 2023.

Sedangkan, Sekretaris Provinsi Sulsel, Andi Muhammad Arsjad, menyampaikan, kegiatan ini sebagai upaya pengentasan kemiskinan, inflasi dan ketahanan atau kedaulatan pangan dengan melibatkan banyak pihak.

“Ini merupakan gerakan bersama yang didukung oleh seluruh elemen dan kita berharap gerakan ini bisa menjadi solusi untuk permasalahan. Bukan hanya pertahanan dan kekuatan pangan, tetapi juga menciptakan peluang kerja atau peluang pendapatan yang kita harapkan mengintervensi kemiskinan ekstrem,” jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPH-Bun) Sulsel, Imran Jauzi, bergerak cepat menindaklanjuti hasil rapat sebelumnya, termasuk dengan melakukan pendataan lahan. Termasuk dalam menyiapkan 2.000 penyuluh untuk diterjunkan ke masyarakat.

Ia menyebutkan, anggaran yang disiapkan sebesar Rp30 miliar di tahap awal. Dalam jangka panjang melalui laboratorium kultur jaringan, bibit sudah dapat diproduksi sendiri dan Sulsel menjadi sumbernya.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait