Empat Hari Salurkan Bantuan di Mamuju, TP Hari Ini Sisir Majene

  • Whatsapp
Ketua DPD I Partai Golkar Taufan Pawe di sela penyerahan bantuan Partai Golkar di Majene, Rabu 20 Januari 2021. (Ist)
Ketua DPD I Partai Golkar Taufan Pawe di sela penyerahan bantuan Partai Golkar di Majene, Rabu 20 Januari 2021. (Ist)

MANIFESTO, MAJENE– Setelah berada di Pengungsian Mamuju menyalurkan bantuan kepada korban gempa, hari ini Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel Taufan Pawe bersama pengurus Golkar Sulsel bergerak menuju Kabupaten Majene, Sulawesi Barat.

Di Majene yang menjadi pusat gempa berkekuatan 6,2 magnitudo itu, TP menyisir dan menyalurkan sembako di Kecamatan Tapalang, kedua Malunda, dan terakhir di Kecamatan Sendana. Saat tiba di Majene, TP bersama rombongan Partai Golkar disambut oleh Plt Bupati Majene Lukman.

Bacaan Lainnya

TP mengatakan, saat ini dirinya sudah empat hari berada di Kota Mamuju dan Majene. Hal ini merupakan amanah langsung Ketua Umum Airlangga Hartarto agar Partai Golkar bergerak cepat dalam membantu para korban gempa bumi.

“Kepekaan Pak Airlangga ini kami menerjemahkan dengan baik untuk membetuk tim gerak cepat. Sehari setelah gempa kita sudah ada disini. Kita sudah dirikan Posko Golkar Peduli. Mendirikan dapur umum dan posko kesehatan,” kata Taufan Pawe di Majene, Rabu 20 Januari 2021 sore.

Taufan Pawe menyerahkan bantuan kepada korban gempa di Majene, Rabu 20 Januari 2021. (Ist)

Wali Kota Parepare dua periode ini menjelaskan, pada saat hari pertama dirinya tiba, kader Golkar melakukan pemetaan untuk mengetahui karakter bencana dan para korban. Setelah dicermati, banyak warga merupakan korban reruntuhan dan trauma untuk kembali menempati rumah mereka. Setelah itu kader Golkar melakukan penyisiran untuk mengetahui dampak bencana.

“Kerja-kerja Golkar Sulsel yang merupakan perpanjang tangan dari DPP dalam hal ini Pak Airlangga memang secara massif dan terstruktur untuk melakukan penyaluran bantuan agar tepat sasaran. Jadi kalau warga butuh popok kita kasi itu, atau butuh beras kita kasi beras,” jelasnya.

Tufan Pawe menambahkan, hal yang paling menggembirakan yakni Ketua Umum Ikatan Istri Partai Golkar (IIPG) Yanti Airlangga Hartarto turut berkontribusi dengan menyalurkan bantuan. Mulai dari program Posko Pemeriksaan Kesehatan Gratis dan bantuan sembako tiga truk yang tiba hari ini.

“Kita patut syukuri bukan hanya Pak Airlangga yang punya kepekaan kemanusiaan dan pikiran responsif untuk terlibat dalam bencana ini tetapi rupanya istri beliau Ibu Yanti juga berkontribusi. Jadi kader Golkar masih berada disini. Karena dukungan moril dan materil beliau untuk kader semua mereka salurkan,” tambahnya.

Diketahui, sejak Posko Golkar Peduli di Kota Mamuju didirikan Minggu 17 Januari 2021, bantuan Partai Golkar sangat dirasakan masyarakat. Hal itu diungkapkan langsung oleh Gubernur Sulbar, Andi Ali Baal Masdar.

Seperti Dapur Umum Golkar. Dapur ini setiap hari memproduksi 4.500 makan/minum bagi warga. Baik makan pagi, siang, dan malam hari.

Sementara Posko Pemeriksaan Kesehatan Gratis Golkar setiap harinya melayani puluhan warga. Para dokter Golkar setiap harinya melayani pasien yang mengeluhkan penyakit ispa, kulit, hipertensi, diabetes, kolestrol, dan lainnya. Bagi warga tidak bisa ke posko, dokter Golkar juga memiliki program door to door ke rumah warga.

Editor: Azhar

  • Whatsapp