Hebat!! Kemenkes BerikanPenghargaan Kota Sehat untuk Kabupaten Gowa

judul gambar

MANIFESTO, JAKARTA– Kementerian Kesehatan RI memberikan penghargaan Kabupaten/Kota Sehat Kategori Swasti Saba “Padapa” kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa di Jakarta, Selasa (28/11).

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima di Makassar, Rabu, penghargaan diterima oleh Wakil Bupati Gowa Abdul Rauf Malaganni yang diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada Malam Penganugerahan Tanda Penghargaan Swasti Saba Kabupaten/Kota Sehat dan TBM Tahun 2023.

Bacaan Lainnya

Abdul Rauf mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat kepada pemerintah daerah yang telah berhasil mewujudkan Kabupaten/Kota Sehat, salah satunya Kabupaten Gowa.

“Alhamdulillah kita di Kabupaten Gowa menjadi salah satu daerah yang mendapatkan penghargaan Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2023 Kategori Swasti Saba Padapa. Ini jadi dorongan bagi kita untuk semakin baik ke depan,” ujarnya.

Menurut dia penghargaan ini berkat kerja sama dan kolaborasi dari seluruh pihak yang terlibat dalam mewujudkan Gowa menjadi kabupaten sehat.

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan kabupaten sehat ini. Tentu ini berkat kerja keras kita semua khususnya dalam memenuhi sembilan tatanan yang menjadi penilaian,” ucapnya.

Pada kesempatan Menkes Budi Gunadi Sadikin menyebutkan masalah kesehatan saat ini semakin kompleks khususnya di perkotaan. Hal ini disebabkan karena penduduk kota yang semakin banyak setiap tahunnya akibat urbanisasi yang tidak terelakkan.

Menurut dia, ditambah perubahan iklim yang terjadi persoalan di kota semakin rumit termasuk masalah kesehatan. Ia menyebutkan beberapa penyakit yang sering muncul, seperti demam berdarah, stroke dan serangan jantung serta depresi.

Oleh karena itu, untuk mengatasi hal ini pemerintah daerah harus mampu memperhatikan kebersihan lingkungan dan menyiapkan sarana dan prasarana ruang bergerak untuk masyarakat.

“Kepala daerah itu urusin kesehatan itu banyak, urusin penyakit yang menular maupun yang tidak menular maupun urusin kesehatan jiwa,” tambahnya.

Budi Gunadi Sadikin mengucapkan selamat kepada pemerintah daerah yang telah berhasil mendapatkan penghargaan Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2023.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait