Komunitas Nelayan Pesisir Sulsel Gelar Edukasi Budidaya Rumput Laut di Jeneponto

judul gambar

MANIFESTO, JENEPONTO – Komunitas Nelayan Pesisir Sulawesi Selatan (Sulsel) terus menggelar edukasi dengan kelompok nelayan dan warga di Kelurahan Biringkassi, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Sabtu (17/6/2023).

Dengan tema ‘Edukasi Pelestarian Air dan Peningkatan Ekonomi Nelayan Melalui Tata Kelola Budidaya Rumput Laut’, para komunitas nelayan pendukung Ganjar Pranowo memaparkan sejumlah hal ke masyarakat di Jeneponto.

Bacaan Lainnya

Koordinator Wilayah Komunitas Nelayan Pesisir Sulsel, Indra Gunawan, menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini karena terinspirasi dari sosok Ganjar yang peduli terhadap lingkungan dan masyarakat pesisir.

“Kegiatan ini kami terinspirasi dari figur pak Ganjar. Yang Pak Ganjar lebih menjaga lingkungan dan memperhatikan masyarakat pesisir khususnya masyarakat nelayan,” ujar Indra di lokasi.

Diharapkan, kata Indra, dengan adanya kegiatan edukasi ini para masyarakat yang sebagian besar sebagai nelayan bisa paham menjaga lingkungan.

“Tujuan (kegiatan) berupa memberikan pemahaman kepada masyarakat bagaimana metode menjaga lingkungan hidup yang secara berkelanjutan,” urai Indra.

Menurut Indra respons dari masyarakat di Kelurahan Biringkassi, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, sangat baik. Terbukti mereka banyak memberikan pertanyaan kepada pembicara yang merupakan dari Komunitas Nelayan Pesisir Sulawesi Selatan.

“Sangat baik, dan antusias untuk mengikuti kegiatan ini karena berkait dengan profesi dari mereka,” ujarnya

Tak sekedar melakukan edukasi kepada terkait pelestarian air dan peningkatan ekonomi nelayan melalui tata kelola budidaya rumput laut, mereka pun juga mengenalkan sosok Ganjar Pranowo sebagai calon Presiden.

Indra menuturkan bahwa masyarakat di Kelurahan Biringkassi, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, sudah mengetahui sosok Ganjar yang merupakan Gubernur Jawa Tengah dua periode tersebut. “Sudah mengetahui sosok Pak Ganjar, sangat mengenal,” ungkap dia.

Sementara itu, tokoh masyarakat di Kelurahan Biringkassi, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Irwan Daeng Lassa, menyambut baik kegiatan edukasi yang diselenggarakan oleh komunitas nelayan pendukung Ganjar Pranowo.

Namun begitu, Irwan sedikit memberikan harapannya kepada Ganjar jika terpilih menjadi Presiden agar bisa terus memperhatikan masyarakat terutama para nelayan di pesisir.

“Mudah-mudahan kalau terpilih jadi Presiden yang akan datang, dapat diperhatikan rakyat-rakyat seperti nelayan rumput laut dan nelayan,” harap Irwan.

Selain memberikan edukasi edukasi kepada terkait pelestarian air dan peningkatan ekonomi nelayan melalui tata kelola budi daya rumput laut, Komunitas Nelayan Pesisir Sulawesi Selatan turut memberikan bantuan berupa tali untuk budidaya rumput laut.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait