KPU Makassar Gelar Sosialisasi Pencalonan Jalur Parpol

KPU Makassar menggelar sosialisasi pencalonan lewat jalur parpol. (Ist)
KPU Makassar menggelar sosialisasi pencalonan lewat jalur parpol. (Ist)
judul gambar

MANIFESTO, MAKASSAR – Menjelang Pemilihan Wali Kota (Pilwali) 2020 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar menggelar sosialisasi pencalonan untuk kandidat yang maju melalui jalur partai politik.

Sosialisasi tersebut berlangsung di Hotel Santika, jalan Sultan Hasanuddin, Makassar, Jumat 14 Agustus 2020.

Bacaan Lainnya

Dalam sosialisasi ini, sejumlah tim bakal calon dan liaison officer (LO) Partai Politik masing-masing pengusung kandidat turut hadir.

Menurut keterangan Komisioner KPU kota Makassar Divisi Teknis, Gunawan Mashar, sosialisasi ini sengaja dilakukan agar tidak ada lagi yang merasa bingung pada saat pendaftaran.

“Jadi sosialisasi ini seperti kenalan. Ini baru sebatas pemberitahuan awal, kemudian bisa dilanjutkan melalui help desk,” ujar Gunawan.

Diharapkan, semua tim bakal calon dan LO Parpol memahami isi sosialisasi dimaksud. Sehingga semua berkas dan keperluan pendaftaran bisa dilengkapi sebelum melakukan pendaftaran di KPU Makassar pada (4-6/9/2020) mendatang.

“Jadi nanti pada saat pendaftaran, diharapkan sudah lengkap semua. Supaya tidak bolak-balik lagi,” bebernya.

Untuk panduan pencalonan sendiri, KPU Makassar mengacu pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 5 tahun 2020.

Sementara untuk usungan partai politik, sudah ditetapkan sebesar 20 persen dari jumlah total kursi di DPRD Makassar. Sehingga, syarat minimal dukungan kursi untuk maju melalui jalur partai politik setidaknya 10 kursi.

Selain kursi dukungan, juga disyaratkan minimal 25 persen dari jumlah perolehan suara sah, yaitu sebanyak 172.932 suara.

Penulis: Fadli Ramadhan

judul gambarjudul gambar

Pos terkait