Kunjungi Kampung Tua Bitombang, Naoemi Octarina Kagumi Arsitektur Rumah Penduduk

Plt Ketua PKK Sulsel. (Int)
Plt Ketua PKK Sulsel. (Int)
judul gambar

MANIFESTO, SELAYAR– Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel, Naoemi Octarina, didampingi sejumlah pengurus, berkunjung ke Kampung Tua Bitombang, Kamis, 24 November 2022. Iapun berbincang dengan sejumlah warga dan pemerintahan setempat, seraya menikmati kue tradisional yang disuguhkan warga.

Perkampungan Tua Bitombang adalah sebuah kampung yang terletak di Kelurahan Bontobangun, Kecamatan Bontoharu, Kabupaten Kepulauan Selayar. Lokasi ini berjarak sekitar tujuh kilometer dari Ibu Kota Selayar, Kota Benteng. Kampung tersebut bisa di tempuh dengan kendaraan roda empat dan roda dua dengan waktu kurang lebih 30 Menit. .

Bacaan Lainnya

Adapun yang menarik dari Perkampungan Tua Bitombang adalah rumah traditional dengan desain rumah panggung yang tinggi, yang berusia diatas 100 – 200 tahun. Adapun alasan rumah tersebut dibangun tinggi adalah karena menurut kepercayaan penduduk setempat, bangunan yang tinggi menandakan kekokohan.

Naoemi mengaku takjub dengan rumah panggung yang ada di kampung tua tersebut. Apalagi, setelah mendapatkan informasi dari pemerintah setempat, jika rumah-rumah disana sudah berusia seratus tahun. Tiang-tiang rumah juga tidak ditanam dan menggunakan kayu utuh.

Ia juga mempertanyakan jenis kayu yang digunakan sehingga rumah-rumah tersebut bisa berdiri kokoh hingga ratusan tahun. Sekaligus meminta agar teknik kearifan lokal dalam pembangunan rumah tersebut bisa dilestarikan.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait