PPDB di Sulsel Amburadul, DPRD akan Panggil Penyedia Jasa Aplikasi

Ketua Komisi E DPRD Sulsel saat berkunjung ke SMA 17 Makassar, Sabtu 24 Juni 2023. (Ist)
Ketua Komisi E DPRD Sulsel saat berkunjung ke SMA 17 Makassar, Sabtu 24 Juni 2023. (Ist)
judul gambar

MANIFESTO, MAKASSAR– DPRD Sulsel tampak berang melihat sistem aplikasi yang digunakan dinas pendidikan provinsi Sulawesi Selatan pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2023. Dalam PPDB saat ini, diknas sudah tiga kali mengumumkan siswa yang lolos dan tidak lolos dengan hasil berbeda.

“Ini benar benar tidak bisa diterima akal sehat, anak saya seperti dipimpong. Awalnya lulus kemudian dianulir lagi dan dinyatakan tidak lolos lagi. Kasihan mental anak anak?” kata orangtua siswa di SMA 5 Makassar kepada kabid SMA Diknas Sulsel, Muh Asqar yang berkunjung ke SMA 5. Dalam kunjungan itu, hadir pula Ketua Komisi E, Rahman Pina, Kacab Diknas Sulsel wilayah 1, Amran.

Bacaan Lainnya
Ketua Komisi E DPRD Sulsel Rahman Pina saat berbicara dengan guru dan pengelola PPDB di SMA 17 Makassar, Sabtu 24 Juni 2023. (Ist,l
Ketua Komisi E DPRD Sulsel Rahman Pina saat berbicara dengan guru dan pengelola PPDB di SMA 17 Makassar, Sabtu 24 Juni 2023. (Ist,l

Mendengar protes dari orangtua tersebut, Ketua Komisi E bidang pendidikan, Rahman Pina kemudian mengecek sekolah sekolah lain. Ternyata kondisi serupa terjadi di semua sekolah se sulsel.

“Ini keterlaluan, awalnya kita pikir kasus seperti ini hanya di SMA 17, ternyata satu Sulsel. Penyedia jasa aplikasi ini seperti baru belajar, segera kita panggil. Kasus ini tidak bisa dibiarkan. Ini menyangkut nasib ratusan ribu siswa di Sulsel,” katanya.

Terkait adanya kuota tambahan di SMA 17 Makassar lewat jalur boarding, Rahman Pina menegaskan, tidak ada penambahan kuota.

“Yang benar adalah kami tidak ingin mengorbankan orangtua dan siswa yang telah dinyatakan lulus, diumumkan secara resmi, dipublish ke publik, kemudian dibatalkan lagi,” tegas Rahman Pina kepada wartawan, Selasa 27 Juni 2023.

Akibat terjadinya human error pada sistem aplikasi operator di SMA 17 Makassar. Maka konsekwensinya adalah, terjadi kelebihan siswa yang diumumkan.

Banyak kesalahan akibat dari sistem aplikasi yang amburadul, Ketua Komisi E DPRD Sulawesi Selatan Rahman Pina meninjau proses Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB) di SMA 17 Makassar, Sabtu 24 Juni 2023 lalu.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait