PSC Takalar Tuntaskan Misi Kemanusiaan Empat Hari di Masamba

  • Whatsapp
Salah satu aktivitas Tim Kesehatan Takalar selama di lokasi banjir bandang di Masamba, Luwu Utara. (Ist)
Salah satu aktivitas Tim Kesehatan Takalar selama di lokasi banjir bandang di Masamba, Luwu Utara. (Ist)

MANIFESTO, MASAMBA– Tim Peduli Kesehatan Takalar baru saja menuntaskan misi kemanusiaan selama empat hari di Masamba, Luwu Utara. Kehadiran Tim Kesehatan Takalar di Masamba untuk membantu korban banjir bandang yang menewaskan puluhan warga itu.  

Tim Kesehatan Takalar beranggotakan 8 personel yang terdiri dari dokter, perawat, dan bidan. Tim ini dilengkapi dua ambulance yang memback- up misi kemanusiaan selama empat hari di lokasi bencana itu.

Bacaan Lainnya

Selama di Luwu Utara, Tim Kesehatan Takalar memusatkan operasi di desa Meli, kecamatan Baebunta. Selain melakukan pengobatan kepada para korban, petugas kesehatan juga melakukan kegiatan trauma healing pada korban pengungsi yang mengalami stres usai kehilangan harta benda dan kerabat.

“Jadi kita baru saja menyelesaikan tugas selama empat hari di lokasi bencana di Masamba, harapan kami daerah cepat pulih dan warga yang kehilangan diberikan ketabahan,” kata Ketua PSC Takalar A Marhadi kepada wartawan, Senin 27 Juli 2020.  

Selain membawa personel, Tim Kesehatan Takalar juga menyerahkan dua truck bersikan bantuan logistik kepada klaster kesehatan Luwu Utara. Bantuan logistik itu diharapkan bisa dimanfaatkan oleh Korban terdampak banjir bandang.   

“Jadi kita juga serahkan bantuan logistik dan uang tunai, saya kira tidak besar tetapi harapan kami bisa meringankan beban pasa korban,” terang Marhadi.

Personil Tim Kesehatan Takalar terdiri dari perwakilan PSC 119, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), dan RSUD Haji Padjonga Daeng Ngalle.  

Editor: Azhar