Rumah Dinas Mentan Digeledah Sampai Pagi, SYL Terancam Tersangka?

Syahrul Yasin Limpo sedang berorasi beberapa waktu lalu di hadapan kader Nasdem Sulsel. (Int)
Syahrul Yasin Limpo sedang berorasi beberapa waktu lalu di hadapan kader Nasdem Sulsel. (Int)
judul gambar

MANIFESTO, JAKARTA– Tim penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah rumah dinas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) di Jakarta Selatan, hingga pagi hari, Jumat 29 September 2023.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan penggeledahan masih berlangsung. Tim KPK mendatangi rumah dinas SYL pada sore hari kemarin, sekitar pukul 17.00 WIB.

Bacaan Lainnya

“Masih berproses kegiatan dimaksud,” kata Ali saat dikonfirmasi lewat pesan singkat.

KPK Bawa Mesin Penghitung Uang saat Geledah Rumah Mentan SYL
Ali belum mau mengungkap apa saja yang ditemukan di rumah politikus Partai NasDem itu. Ia juga tak menjawab apakah tim KPK menemukan uang tunai di rumah SYL. Dengan demikian penggeledahan di rumah SYL sudah berlangsung sekitar 12 jam.

Sebelumnya, tim lembaga antirasuah turut membawa mesin penghitung uang saat menggeledah rumah dinas SYL. Beberapa mobil juga terpantau datang dan pergi.

Ada seorang advokat yang datang ke rumah dinas SYL. Namun setelah berbincang dengan seorang petugas KPK, pengacara itu diminta untuk menunggu.

Seorang Advokat Datangi Rumah Mentan SYL yang Digeledah KPK
Akhirnya advokat itu duduk di teras rumah dan sempat melakukan komunikasi dengan telepon. Tak lama, pria itu pun keluar dari kawasan rumah Mentan SYL setelah diminta petugas KPK dan aparat kepolisian.

“No comment, no comment,” ujar sang advokat sambil meninggalkan kediaman SYL.

KPK diketahui sedang menyelidiki kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan). KPK sudah meminta keterangan sejumlah orang terkait, termasuk SYL.

Selain menggeledah rumah dinas Syahrul Yasin Limpo, KPK juga dikabarkan menggeledah rumah Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Kasdi Subagyono dan dan Staf Khusus Menteri Pertanian Imam Mujahid.

Kepala Bagian Humas Kementerian Pertanian Arief Cahyono mengaku belum mengetahui informasi tersebut. “Saya baru dengar. Saya belum dapat info malah,” kata Arief saat dikutip dari Tempo, Kamis, 28 September 2023.

Arief mengatakan saat ini Syahrul Yasin Limpo sedang berada di Spanyol. Menurutnya, Syahrul masih melakukan kunjungan kerja dalam setelah kemarin hadir dalam agenda Food and Agriculture Organization di Roma, Italia. Arief pun menyatakan tengah mencari informasi lebih lanjut soal penggeledahan itu.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada 14 Juni 2023 Plt. Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur Rahayu mengatakan KPK telah membuka penyelidikan soal dugaan tindak pidana korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan).

KPK juga memanggil Syahrul Yasin Limpo pada tanggal 19 Juni 2023 untuk memberikan keterangan terkait kasus penyelidikan dugaan korupsi di Kementan. Dengan perkembangan penyelidikan kasus korupsi di Kementan, KPK juga telah meminta keterangan terhadap 49 pejabat dan aparatur sipil negara (ASN) di kementerian tersebut.

KPK telah menganalisis keterangan berbagai pihak dan mengumpulkan berbagai alat bukti. Jika berdasarkan analisis tersebut ditemukan peristiwa pidana dan orang yang bisa bertanggungjawab secara hukum, KPK akan segera menindaklanjuti dengan meningkatkan penyelidikan ke tahap penyidikan.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait