Sekolah Siap Dibuka, Diknas Sulsel Jadikan Kesehatan Prioritas

Sekolah siap dibuka lagi di tengah pandemi corona atau Covid 19 yang belum mereda. (Int)
Sekolah siap dibuka lagi di tengah pandemi corona atau Covid 19 yang belum mereda. (Int)
judul gambar

MANIFESTO, MAKASSAR– Meski belum ada jadwal resmi dari pemerintah terkait pembukaan sekolah pasca darurat Covid 19 tiga bulan terakhir, tetapi wacana masuknya kembali siswa ke sekolah mulai menggelinding.

Dinas Pendidikan Sulsel pun menyiapkan scenario untuk menyambut hari pertama sekolah pasca libur yang sangat panjang itu. Hanya saja, Diknas masih terus berkoordinasi dengan Direktorat SMA Kemendikbud terkait pembukaan sekolah dan segala kemungkinan yang akan diambil.    

Bacaan Lainnya

“Kita telah menyiapkan skenario menyambut hari pertama sekolah, itu kalau pemerintah mencabut perpanjangan masa belajar di rumah telah dicabut,” kata Basri, Senin 1 Juni 2020.

Basri mengatakan, scenario yang akan diambil masih dibicarakan dengan Direktorat SMA terkait persiapkan dan proses pembukaan kembali sekolah. Hanya saja, pihaknya tetap akan menunggu pertimbangan kesehatan termasuk penularan Covid 19 jika sekolah kembali dibuka.

“Inikan penanganan Covid-19 melibatkan berbagai unsur nah ini yang kita tunggu, tetapi pada bagian yang lain kita tidak boleh juga tidak bisa berpangku tangan karena kita tetap kita harus ada alternatif,” ujar Basri.

Salah satu alternatif yang akan diambil jika sekolah dibuka di antaranya, membagi dua kelas sehingga setiap kelas tidak terlalu padat oleh siswa. Pasalnya, kerumunan orang sangat potensial bagi penularan virus mematikan itu.

“Salah satu alternative misalnya kalau sekolah itu dibuka, kita akan bagi dua kelas tapi itu belum dan masih sebatas rencana yang kita komunikasikan dengan pusat, intinya pertimbangan kesehatan kami prioritaskan,” terang Basri.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait