Terharu! Seorang Ayah Hadiri Acara Wisuda Putrinya yang Meninggal Dunia

judul gambar

MANIFESTO, MAKASSAR – Kehadiran orang tua di acara wisuda anaknya adalah hal yang sangat di nantikan oleh orang tua dan calon sarjana, Namun, sebuah momen mengharukan yang tidak lazim terjadi di Kampus Universitas Islam Negeri Makassar (UINAM), ketika seorang ayah menghadiri wisuda untuk menggantikan putrinya yang telah meninggal.

Peristiwa mengharukan ini mewarnai proses wisuda angkatan ke-86 di Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Selasa 11 Agustus 2020.

Bacaan Lainnya

Dalam proses acara wisuda tersebut, terlihat salah seorang ayah bernama Muh Arif Bochari (50) naik ke atas panggung mengambil piagam dan ijazah dari Rektor UIN Alauddin Prof Hamdan Juhannis, ia mewakili putrinya A Musdalifa Arif (20) salah seorang wisudawati Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Adab dan Humaniora
Sang ayah Muh Arif Bochari tak henti-hentinya meneteskan air mata saat hadir diacara wisuda tersebut.

Tangisnya pun tak terbendung saat mendapat piagam dan ijazah dari rektor. Bahkan tangisan para tamu yang hadir pecah saat Muh Arif Bochari turun dari panggung.

“Iye, jadi sebelum wisudanya ini, kemarin dia rencana mau ke Kediri dan setelah dari Kediri mau nah ambil S2-nya. Putri saya juga ini pernah bilang sama saya jika dia nanti diwisuda mau ditempatkan di tempat VIP,” kata Bochari, Rabu 12 Agustus 2020.

Bochari juga mengaku sedih sekaligus terharu, dikarenakan putrinya itu mendapat predikat cumlaude dengan nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,90.

“Di balik kesedihan ini juga saya agak terharu karena Almarhumah putri saya Alhamdulillah meraih nilai terbaik di kampus ini nilainya itu 3,90 katanya itu cum laude dia,” urainya.

Rektor UIN Alauddin Prof Hamdan Juhannis saat memimpin acara wisuda tersebut dengan mewakili seluruh civitas akademisi turut mengucapkan berduka cita sedalam-dalamnya terhadap mahasiswinya tersebut.

Ia pun memberikan hak istimewa kepada orang tua almarhumah yang meninggal karena kecelakaan tunggal dengan memberikannya langsung ijazah dan menyalami langsung orangtuanya.

Penulis: Fadli

judul gambarjudul gambar

Pos terkait