Usai Lantik Pejabat, Bupati Takalar: Berikan Kinerja Terbaik

  • Whatsapp
Bupati Takalar Syamsari Kitta memberikan sambutan usai pelantikan pejabat eselon II, III, dan IV, Jumat 7 Agustus 2020. (Ist)
Bupati Takalar Syamsari Kitta memberikan sambutan usai pelantikan pejabat eselon II, III, dan IV, Jumat 7 Agustus 2020. (Ist)

MANIFESTO, TAKALAR– Bupati Takalar Syamsari Kitta melantik Irwan Sijaya sebagai Kepala Dinas Pendidikan Takalar di Ruang Pola Kantor Bupati, Jumat 7 Agustus 2020.

Selain satu pejabat eselon II, Bupati juga melantik 4 orang pejabat administrator atau eselon III dan 34 pejabat pengawas atau eselon IV. Saat memberikan sambutan di sela pelantikan, Syamsari Kitta meminta kepada semua pejabat yang dilantik untuk memberikan kinerja terbaiknya.     

Bacaan Lainnya

“Silahkan berikan kinerja terbaik karena kita percayakan jabatan dengan harapan anda semua bisa bekerja untuk kemajuan daerah kita,” kata Syamsari.

Ia menegaskan, jika UU ASN telah memberikan sejumlah indikator- indikator kinerja untuk meraih keberhasilan. Namun, di luar itu Bupati mencontohkan sejumlah kisah- kisah yang bisa menjadi pelajaran untuk meraih sukses.

“Kalau indikator UU ASN untuk meraih keberhasilan saya yakin anda sekalian sudah hafal, tapi di luar itu kita bisa pelajari indikator bagaimana kesuksesan yang diraih oleh generasi terdahulu,” terang Syamsari.

Prosesi pelantikan pejabat eselon II, III, dan IV di lingkup Pemkab Takalar, Jumat 7 Agustus 2020. (Ist)

Mantan anggota DPRD Sulsel itu mencontohkan keteladanan Nabi Yusuf, kelebihan Nabi Musa, dan kelebihan Raja Thalut. Nabi Yusuf telah mencontohkan perjalanan seorang pemimpin yang pandai menjaga, memiliki ilmu yang luas, memiliki integritas, kepribadian yang kuat, amanah, jujur dan akhlaknya mulia.

Sementara Nabi Musa kata Syamsari, mencontohkan sebagai orang yang kuat dan bisa dipercaya. Seorang yang diberikan kepercayaan akan berusaha sekuat tenaga untuk membuktikan kinerjanya. Sedang Raja Thalut mengisahkan kepada kita semua tentang orang yang memiliki ilmu yang luas dengan tubuh yang perkasa.

“Jika dikumpulkan maka untuk meraih kesuksesan maka harus berilmu, bisa menjaga (hafidz), amin (bisa dipercaya), serta kuat jasad dan rohani,” kata Syamsari.

Di depan pejabat yang baru saja dilantik, Syamsari mengatakan, jika banyak orang yang berharap jabatan tertentu. Bagi mereka yang tidak terpilih biasanya akan kecewa. Namun, Syamsari mengingatkan jika bahagia dan kecewa dalam kehidupan adalah sebuah siklus biasa.  

“Kecewa-bahagia, sedih dan gembira, lapang dan sempit, marah dan tersenyum…itulah mekanisme alam, dan hanya dengan itu kehidupan menjadi seimbang. Tidak tepat juga kalau bahagia terus karena akan lupa bersyukur, bisa jadi seperti Firaun, lupa bersyukur krn bahagia terus,” sambung Syamsari.

Bahkan, Syamsari menegaskan, menolak sejulah usulan, termasuk beberapa usulan Sekda Takalar Arsyad. Penolakan itu tentu dengan berbagai pertimbangan.  

“Maka di sini ada banyak orang berusul termasuk Sekda, banyak permohonannaya saya tolak, kalau kecewa wajar, karena dengan cara itu beliau menjadi mendekati sempurna,” beber Bupati inovatif itu.

Sehari sebelumnya, Bupati Takalar juga melantik 4 pejabat pimpinan tinggi pratama atau eselon II dan 13 pejabat eselon III. Ke empat pejabat eselon II yang dilantik yakni, Muchsin sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Sitti Ni’mah sebagai Kadis Kominfo, Faisal Sahing sebagai Kadis Lingkungan Hidup dan Pertanahan dan Rahmawati sebagai Kadis Kesehatan.

Editor: Ahmad Faiz

  • Whatsapp