Yenni Rahman Bicara CSR dan Pembangunan Kota Makassar

Legislator PKS Makassar Yenni Rahman. (Int)
Legislator PKS Makassar Yenni Rahman. (Int)
judul gambar

MANIFESTO, MAKASSAR– Anggota DPRD Makassar dari Fraksi PKS, Yeni Rahman, menggelar sosialisasi terkait Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2016 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSLP).

Perda tersebut bertujuan mendorong peran serta dunia usaha dalam pembangunan di Kota Makassar.

Bacaan Lainnya

Dalam upaya meningkatkan kesadaran perusahaan terhadap Corporate Social Responsibility (CSR), Yeni menekankan pentingnya evaluasi dan monitoring pelaksanaannya di tengah masyarakat.

CSR menjadi kewajiban yang melibatkan perusahaan BUMN, BUMD, perusahaan nasional, hotel, perbankan, dan sektor lainnya. Perusahaan yang tidak mematuhi Perda No 2 tahun 2016 akan menghadapi sanksi serius.

Sanksi tersebut mencakup evaluasi perijinan, teguran, hingga pencabutan izin sebagai opsi terakhir.

Yeni menuturkan bahwa masih banyak masyarakat yang belum mengetahui keberadaan Perda tersebut. Alhasil, ia tak mengetahui bagaimana peran TJSLP.

“Makanya kita gencar sosialisasikan Perda ini,” ungkap Yeni di Hotel Khas, Jumat, 8 Desember 2023.

Ia pun berharap ada kesadaran moral perusahaan bisa menjadi pendorong utama dalam melaksanakan CSR, karena ini dianggap sebagai “infak kesadaran untuk membangun bersama.”

Perda ini diharapkan dapat mendukung program pemerintah kota dalam menanggulangi sejumlah persoalan, termasuk stunting dan putus sekolah.

Meskipun pemerintah telah memberikan seribu beasiswa di lorong, Yeni menyampaikan keprihatinannya terkait penyalahgunaan beasiswa oleh beberapa orang tua yang tidak digunakan untuk pendidikan anak.

“Beasiswa yang diberikan kadang disalahgunakan oleh orang tua, digunakan bukan untuk menunjang pendidikan anak,” tuturnya.

Dengan adanya regulasi ini, ia berharap dapat mendorong perusahaan untuk lebih aktif berkontribusi dalam pembangunan daerah dan menyelesaikan berbagai permasalahan yang masih menghantui.

“Kita ingin menjadikan Makassar sebagai contoh komitmen nyata terhadap tanggung jawab sosial,” tuturnya.

Editor: Azhar

judul gambarjudul gambar

Pos terkait