Ogah Bahas Pilpres 2024, Gubernur Khofifah Pilih Fokus Urus Jatim

judul gambar

MANIFESTO, MAKASSAR – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, enggan merespons keinginan para loyalisnya yang mendorong maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Ia mengaku hingga kini masih berfokus menuntaskan tanggung jawabnya sebagai orang nomor satu di Jatim.

“Saya fokus urus Jawa Timur ya,” singkat Gubernur Khofifah, kepada awak media seusai menghadiri forum silaturahmi dengan Paguyuban Masyarakat Jatim di Sulsel di Hotel Maxone Makassar, Rabu (16/11/2022) malam.

Bacaan Lainnya

Gubernur Khofifah ogah menanggapi upaya para loyalisnya maupun sejumlah tokoh yang kini mendorongnya untuk maju dalam bursa pencalonan Pilpres 2024.

Gubernur Khofifah diketahui merupakan salah satu figur yang popularitas dan elektabilitasnya cukup tinggi, apalagi untuk kursi Bakal Calon Wakil Presiden. Berdasarkan survei Indonesia Political Opinion (IPO) pada 19-24 Oktober 2022, simulasi Ganjar Pranowo dan Khofifah unggul dari sejumlah pasangan.

Ganjar-Khofifah disebut akan unggul bila melawan Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan pasangan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada Pilpres 2024.

Menurut temuan, Ganjar-Khofifah unggul dengan elektabilitas 31,8 persen. Sedangkan, Prabowo-Cak Imin 24,7 persen dan Anies-AHY 16,2 persen. Meski demikian, sebanyak 27,3 persen belum menjawab atau tidak tahu apabila tiga pasangan calon tersebut maju pada pesta demokrasi mendatang.

Sementara itu, Ketua Umum Paguyuban Masyarakat Jatim di Sulsel, Untung Waluyo, mengungkapkan kehadiran orang nomor satu di Jatim ke Sulsel sebatas untuk silaturahmi dalam rangka penguatan ekonomi daerah. Tidak ada pembahasan dukungan pada Pilpres 2024.

“Ya hanya silaturahmi biasa saja dengan warga Jawa Timur yang ada di Makassar,” tuturnya.

Editor: Azhar

judul gambar

Pos terkait